nusabali

Wujudkan Misi Wana Kerthi, Pasang Papan Zona Larangan Kawasan Hutan

  • www.nusabali.com-wujudkan-misi-wana-kerthi-pasang-papan-zona-larangan-kawasan-hutan

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) menyerahkan bantuan kehutanan dan gotong royong pemasangan papan zona larangan memasuki kawasan hutan di Sekretariat Kelompok Tani Hutan (KTH) Werdhi Wanarta, Lingkungan Munduk Anyar, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (25/7).

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya mewujudkan misi Pemkab Jembrana untuk pelestarian dan menjaga kesucian hutan dan pegunungan (Wana Kerthi).

Pada kesempatan tersebut, Wabup Ipat mengapresiasi langkah KTH Werdhi Wanarta yang telah membantu pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian hutan. Khususnya dengan melaksanakan gotong-royong pemasangan papan zona larangan di kawasan hutan. “Semoga ini bisa ditiru oleh kelompok lainnya serta desa maupun kelurahan yang ada di Kabupaten Jembrana. Bersama-sama menjaga kawasan hutan yang ada di Jembrana,” ujar putra sulung mantan Bupati I Gede Winasa ini.

Wabup Patriana mengatakan, meski pada situasi pandemi Covid-19 ini tantangan sangat berat, akan tetapi tanggung jawab untuk menjaga kelestarian hutan tidak boleh tertunda. Apalagi Pemkab sangat berkomitmen dalam pelestarian kawasan hutan serta lingkungan yang tertera pada visi yaitu mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana dengan misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, khususnya misi Wana Kerthi. Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen bahwa alam dan lingkungan ini perlu dipelihara, dirawat, dijaga, sehingga bermanfaat secara konservasi, sosial dan ekonomi untuk keberlangsungan kehidupan kita kedepannya. ‘’Mari kita jadikan momentum ini sebagai tonggak untuk melaksanakan pelestarian lingkungan, khususnya hutan,” ujar Wabup Ipat.

Ketua KTH Werdhi Winarta I Ketut Dantra menyampaikan terima kasih kepada Wabup Ipat yang bisa hadir bersama-sama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong pemasangan papan zona larangan dalam kawasan hutan ini. Salah satunya melarang melakukan perusakan hutan demi menjaga kelestariannya. Jelasnya, apa yang menjadi arahan Wakil Bupati akan menambah motivasi dan semangat seluruh anggota kelompok ikut bersama-sama mewujudkan Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana. Salah satunya Wana Kerthi, menjaga kelestarian hutan beserta seluruh ekosistem yang ada didalamnya. ‘’Kami dari KTH Werdhi Winarta sangat berkomitmen akan hal tersebut dan mendukung penuh langkah pelestarian kawasan hutan,” ucapnya. 7ode

Komentar