nusabali

Lanal Denpasar Kembali Adakan Serbuan Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-lanal-denpasar-kembali-adakan-serbuan-vaksinasi-covid-19

DENPASAR, NusaBali.com - Setelah dilakukan pada awal bulan Juli 2021, TNI Angkatan Laut kembali mengadakan serbuan vaksinasi Covid-19 bertempat di Markas Komando (Mako) Lanal Denpasar, Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar.

Setidaknya 700 orang berhasil mendapatkan dosis pertama vaksin Sinovac dan Astra Zaneca pada kegiatan yang diadakan selama dua hari, 17-18 Juli 2021.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana ST MAP, Minggu (18/7/2021), menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini adalah salah satu program dari pemerintah dan perintah langsung dari pimpinan TNI AL, yaitu Kepala Staf TNI AL (Kasal), Laksamana TNI Yudho Margono, untuk membantu mempercepat dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

”Lanal Denpasar mendukung sepenuhnya program percepatan vaksinasi nasional yang diinstruksikan Presiden Jokowi dan ditindaklanjuti oleh Panglima TNI dan diteruskan oleh Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono,” terang Kolonel Ardana.


Karena itu, lanjutnya, Lanal Denpasar melaksanakan secara sungguh-sungguh program serbuan vaksinasi masyarakat ini. Ia mengatakan Presiden Jokowi menargetkan 1 juta vaksin per hari selama 26 Juni hingga 26 Juli 2021 mendatang. Setelah itu, jelasnya, target vaksinasi per hari akan ditingkatkan menjadi 2 juta vaksin.

Danlanal menambahkan jika serbuan vaksinasi ini tentunya sebagai bagian dari upaya membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) khususnya untuk masyarakat Kota Denpasar.

“Target sasaran vaksinasi yang digelar oleh TNI AL ini adalah untuk masyarakat kecil, nelayan, hingga pelaku UMKM, yang intinya adalah masyarakat yang ber-KTP Denpasar,” terang Danlanal.

Kegiatan vaksinasi sendiri dilaksanakan secara bergantian dan sesuai prosedur sehingga seluruh masyarakat yang telah hadir dapat menerima vaksin. Pelaksanaan vaksinasi melalui tahapan-tahapan yang telah ditentukan yaitu, pendaftaran, pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh, skrining, hingga akhirnya peserta menerima suntikan vaksin Covid-19, dan dilanjutkan tahap observasi.

Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat yang akan divaksin untuk tetap tenang dan sabar menunggu antrian sehingga bila saatnya tiba melakukan pengukuran tekanan darah sebelum divaksin, tekanan darahnya tidak naik karena gugup dan mengakibatkan gagal untuk divaksin.

“Meski sudah divaksin, masyarakat harus melaksanakan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak penting,” tambahnya.

Sementara sebagai petugas vaksinator, selain dengan Balai Kesehatan Lanal Denpasar sendiri, Lanal Denpasar juga bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kota denpasar.

“Sebagai Pangkalan TNI AL besar yang berada di Denpasar, Balai Kesehatan Lanal Denpasar terus berkomitmen dalam mendukung sepenuhnya kegiatan ini, sehingga target masyarakat segera terbebas dari Covid-19 segera terwujud,” jelas Kepala Balai Kesehatan Lanal Denpasar, Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani AMd Kep.

Kepada para nakes yang terlibat, Ayu berpesan agar melaksanakan tugas sebagai vaksinator dengan sebaik-baiknya dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Diketahui sebelumnya Lanal Denpasar telah mengadakan serbuan vaksinasi Covid-19 pada tanggal 2 dan 6 Juli 2021, bertempat di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa. Dalam kesempatan tersebut setidaknya 1.100 orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. *adi

Komentar