nusabali

Penuhi Janji Politik, Bupati Sanjaya Intensif Pantau Pengaspalan Jalan

  • www.nusabali.com-penuhi-janji-politik-bupati-sanjaya-intensif-pantau-pengaspalan-jalan

TABANAN, NusaBali
Fokus dan berkomitmen mempercepat terwujudnya pembangunan yang menjadi skala prioritas dalam visi misi, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, intensif memantau rekonstruksi pengaspalan hotmix ruas jalan sekaligus untuk meningkatkan quality control.

Setelah pada Selasa (6/7) lalu meninjau pengaspalan jalan yang menghubungkan Bantas-Gadungan di Kecamatan Selemadeg Timur, kali ini Bupati Sanjaya memantau rekonstruksi peningkatan kapasitas jalan dengan hotmix di kompleks Batusangian, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Jumat (9/7).

Bupati Sanjaya didampingi Sekda Gede Susila, Kepala Dinas PUPRPKP Tabanan I Made Yudiana, Camat Tabanan I Putu Arya Suta, dan Muspika Tabanan, Dewan Pengawas, rekanan pelaksana, serta tokoh masyarakat setempat diterima oleh aparat Desa Gubug.

“Meskipun di masa pandemi, kondisi keuangan pemkab sangat memprihatinkan, tapi Astungkara selalu ada jalan. Terkait dana, pemerintah akan terus mengupayakan baik itu dari dana DAK, APBD, BKK Provinsi maupun CSR, demi pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” tegas Bupati Sanjaya yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan.

Seperti yang diketahui, dalam visi misi Bupati Sanjaya bersama Wakil Bupati I Made Wirawan dan janji kampanyenya adalah menegaskan infrastruktur yang salah satunya jalan jadi skala prioritas pembangunan termasuk pertanian. Untuk itu, satu per satu janji politiknya tersebut berusaha diwujudkan.

Karena menurut Bupati Sanjaya, tanpa akses jalan yang bagus, maka pemasaran produk pertanian di Tabanan akan tersendat. Hal itu karena mayoritas masyarakat Tabanan menggantungkan mata pencaharian di sektor pertanian. Maka dari itu, pembangunan atau rekonstruksi jalan harus segera diwujudkan karena seiring dengan sektor pertanian.

Bupati Sanjaya juga mengimbau kepada seluruh jajaran terkait di pemerintah desa agar bekerjasama dengan masyarakat, merawat infrastruktur yang dibangun pemerintah. Dia menyampaikan untuk meningkatkan budaya tedun (turun) gotong-royong minimal sebulan sekali untuk membersihkan fasilitas jalan dan yang terkait dengan jalan.

“Apalagi saya lihat langsung kualitasnya sudah bagus dan diawasi oleh Dewan Pengawas, Kepala Dinas PUPR Tabanan, dan pihak terkait lainnya. Ini kan dengan sistem kontrak, kalau tidak sesuai dengan spesifikasi, saya yang akan langsung complain,” imbuh mantan Wakil Bupati Tabanan 2 periode tersebut.

Sesuai data dari Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Tabanan Tahun Anggaran 2021, ringkasan pekerjaan di kompleks Batusangian bersumber dari DAK Kabupaten Tabanan dengan jumlah kontrak Rp 5.332.067.400, yang dikerjakan oleh PT Wangun Jaya. Sesuai kontrak, tahap pengerjaan dilakukan selama 150 hari, mulai 5 April 2021 hingga 1 September 2021. Lebar jalan 3 meter sepanjang kompleks Batusangian.

Selebihnya, Bupati Sanjaya berharap kepada seluruh masyarakat Tabanan agar bersabar karena perlahan tapi pasti Pemkab Tabanan saat ini fokus memperbaiki infrastruktur jalan. Sesuai dengan janji politiknya saat kampanye, bukan hanya di satu desa ataupun di satu kecamatan, infrastruktur jalan akan dibangun menyeluruh di Kabupaten Tabanan secara bertahap. *des

Komentar