nusabali

Dinkes Rancang Vaksinasi Covid-19 Anak

  • www.nusabali.com-dinkes-rancang-vaksinasi-covid-19-anak

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar melalui Dinas Kesehatan setempat kini sedang mendata jumlah anak usia 12 - 17 tahun.

Pendataan ini terkait rencana vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak. Plt Kepala Dinas Kesehatan Gianyar dr Ida Komang Upeksa mengaku sedang berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pendataan tersebut. "Hari ini (kemarin, Red), kami sedang berkoordinasi dengan BPS (Badan Pusat Statistik) dan Dinas Pendidikan Gianyar," ujar dokter asal Buleleng ini, Rabu (30/6).

Jelas dia, pendataan sasaran anak itu untuk menentukan berapa keperluan vaksin untuk program tersebut, termasuk logistik dan tenaga. Dia meyakinkan vaksinasi Covid-19 terhadap anak, aman bagi tubuh dan efektif untuk menekan penyebaran Covid-19. "Vaksin untuk anak ini sesuai rekomendasi tim satgas pusat," ungkapnya.

Upeksa mengatakan, jenis vaksin yang digunakan bagi anak, sama dengan vaksin dewasa, yakni Astra Zeneca atau Sinovac. Penggunaan jenis vaksin ini sesuai penegasan Kementerian Kesehatan RI. Lokasi vaksinasi bagi anak-anak, akan diputuskan lebih lanjut oleh Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Gianyar. "Teknis pelaksanaan vaksinasi, nanti satgas kabupaten yang memutuskan," jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra mengaku mengapresiasi rencana vaksinasi untuk anak-anak tersebut. "Terkait data anak yang menyangkut siswa, kami siap menyediakan data itu," ujarnya. *nvi

Komentar