nusabali

Bupati Karangasem Terima Rombongan SD Alam Nusantara

  • www.nusabali.com-bupati-karangasem-terima-rombongan-sd-alam-nusantara

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana menerima rombongan para pendiri SD Alam Nusantara Karangasem di ruang kerjanya, Jumat (25/6).

Para pendiri SD Alam Nusantara yang hadir yakni I Wayan Sandi, Ni Putu Suri Damayanti, Nyoman Merta, I Gusti Ayu Meiyari Astrininghati, dan lainnya. SD Alam Nusantara mengembangkan pembelajaran berbasis alam dan budaya lokal Bali.

Nyoman Merta menjelaskan, tempat belajar mengajar SD Alam Nusantara Amlapura buat sementara di gedung TK Cempaka Kids, Jalan Banteng Gang Merpati Nomor 1 Amlapura. Nyoman Merta yang juga Kabid SD Disdikpora Karangasem ini menambahkan, sekolah didukung lingkungan belajar yang rindang dikelilingi pohon beragam jenis. Melalui alam bisa belajar mengenal tanaman. Para siswa diajak bermain di alam agar mengenal dan cinta lingkungan. Para siswa diajak membuat sarana upakara seperti canang dan lainnya. Buat canang menggunakan semat bukan strapless. “Sejak anak kelas I SD agar memahami budaya lokal Bali yang dilihat dan dirasakan setiap hari,” kata Nyoman Merta, yang gemar belajar Perisai Diri ini.

Meiyari menambahkan, sekolah juga budayakan membaca. Sesuai survei dari PISA (programmed for international assessment) Indonesia berada di peringkat paling rendah dalam hal membaca, pengetahuan matematika dan sains yakni peringkat 72 dari 77 negara. “Prioritaskan pendidikan literasi sejak dini,” kata Meiyari. Visi SD Alam Nusantara di bawah naungan Yayasan Alam Nusantara dengan visi dunia pendidikan untuk generasi cerdas bangsa Indonesia yang berbasis alam, kearifan lokal, dan berkarakter budaya nusantara. Misinya, menyelenggarakan pendidikan yang inklusif, partisipatif, dan inovatif. Mewujudkan generasi cerdas sesuai cita-cita bangsa Indonesia, menghargai alam, kearifan lokal Hindu Bali, dan karakter budaya nusantara.

Sementara baru merekrut 10 siswa baru untuk angkatan pertama tahun ajaran 2021/2022. Bupati I Gede Dana mendorong agar SD Alam Nusantara mendapatkan apresiasi masyarakat. Apalagi punya visi dan misi melestarikan budaya lokal. “Sejak dini kita menangkal masuknya budaya asing agar siswa lebih mencintai budaya Bali,” pesan Bupati Gede Dana. *k16

Komentar