nusabali

Empat Pesawat Tempur Latihan di Langit Bali

  • www.nusabali.com-empat-pesawat-tempur-latihan-di-langit-bali

MANGUPURA, NusaBali
Empat pesawat tempur milik Angkatan Udara, EMB-314 Super Tucano yang berasal dari skuadron 21 berada di bawah Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh latihan terbang ke Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Empat pesawat bermesin turboprop atau turbin gas mulai latihan terbang sejak Selasa (21/6).  Pesawat tempur buatan Embraer Defense System Brazil itu melaksanakan terbang jelajah. Terbang jelajah merupakan satu siklus latihan yang dilaksanakan oleh para penerbang untuk latihan di luar dari pangkalan sendiri untuk latihan navigasi dan melaksanakan kegiatan yang sudah tertuang dalam kurikulum pembinaan khususnya para penerbang tempur di Super Tucano.

"Lanud I Gusti Ngurah Rai sebagai salah satu pangkalan operasi yang berada di bawah jajaran Korps 2 siap untuk menerima para penerbang yang sedang melaksanakan latihan ini," ungkap Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza Ranesa kepada wartawan di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kamis (24/6) pagi.

Kolonel Reza mengungkapkan empat pesawat yang menjaga wilayah udara Indonesia itu datang sesuai dengan kegiatan pelatihan. Empat pesawat ini tidak ada latihan lain selain latihan penerbangan. Rute terbangnya pun sama seperti penerbangan komersil.

"Kebetulan kami memiliki sekolah yang berada di bawah Angkatan Udara. Kesempatan ini kami gunakan untuk memberikan edukasi kepada para siswa/siswi kita. Tujuannya agar mereka tahu dan mengenal pesawat Super Tucano. Selian itu untuk menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Angkatan Udara," tandasnya.

Dikutip dari Wikipedia, EMB-314 (Super Tucano) merupakan sebuah pesawat latih bermesin turboprop sayap rendah (low wing). Pesawat ini merupakan buatan Embraer Defense System, Brasil. Memiliki kemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat serang antigerilya. EMB-314 Super Tucano merupakan pengembangan dari EMB-312 Tucano yang telah terjual 650 unit untuk 15 negara dengan Brasil sebagai pemakai utama memiliki 130 unit. *pol

Komentar