nusabali

Pipa Jebol, Pelayanan di 13 Lokasi Terganggu

  • www.nusabali.com-pipa-jebol-pelayanan-di-13-lokasi-terganggu

AMLAPURA, NusaBali
Pipa induk di mata air Objek Wisata Tirtagangga, Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem jebol sepanjang 20 meter, Kamis (17/6) sekitar pukul 04.00 Wita.

Pipa delapan dim bocor dan airnya terbuang ke selokan, suplai air ke pelanggan macet. Pelayanan Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem di 13 lokasi terganggu, terutama wilayah barat Amlapura.

Direktur Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem, I Gusti Made Singarsi mengatalan, teknisi sedang melakukan perbaikan dengan menyambung pipa induk. Setelah pipa induk tersambung, selanjutnya diujicoba. Menurut Gusti Made Singarsi, pipa jebol tak hanya di mata air Tirtagangga. Kerusakan juga terjadi di dua titik lainnya. Pipa yang rusak ada ukuran delapan dim, enam dim, dan dua dim untuk pipa distribusi. “Kami upayakan malam ini seluruh pipa bocor sudah tertangani,” tekad Gusti Made Singarsi.

Menurut Gusti Made Singarsi, pipa jebol sepanjang 20 meter di mata air Tirtagangga karena tembok panyengker pembatas kolam jebol. Menyebabkan pipa ikut jatuh dan pecah. Di lokasi tembok jebol itu lahan berbatu, rentan menyebabkan pipa pecah. Gusti Made Singarsi turun ke lapangan didampingi Kabag Teknik Ida Bagus Sudirga, dan petugas teknisi lainnya. Harapannya pipa air untuk distribusi tidak kemasukan pasir atau tanah, agar selesai penyambungan bisa langsung mengalirkan air ke pelanggan.

Menurutnya, pipa kemasukan pasir atau kerikil menyebabkan air yang mengalir tersumbat. Sebanyak 13 lokasi yang tak teraliri air bersin akibat pipa jebol yakni di Jalan Untung Surapati, Perumnas Lingkungan Paya, Jalan Veteran, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pesagi, Jalan Gunung Agung, Jalan Nenas, Jalan Strowbery, Jalan Kuru Setra, Jalan KH Samanhudi, Jalan Jeruk, Jalan Salak, dan Jalan Ahmad Yani Amlapura. Kabag Teknik Ida Bagus Sudirga menargetkan perbaikan pipa tuntas beberapa hari ke depan. “Kami berupaya mengecek apakah pipa ada yang kemasukan pasir atau kerikil, jika ada mesti dibersihkan, selanjutnya penyambungan pipa,” katanya. *k16

Komentar