nusabali

6 Jam Setelah Diperbaiki Pipa Kembali Pecah

Pasokan Air Sebagian Wilayah Kuta Selatan Terganggu

  • www.nusabali.com-6-jam-setelah-diperbaiki-pipa-kembali-pecah

MANGUPURA, NusaBali - Gangguan pasokan air ke sebagian wilayah di Kecamatan Kuta Selatan sepertinya masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Sebab pipa yang sebelumnya diperbaiki justru kembali mengalami kerusakan pada Selasa (6/6). Mirisnya kerusakan ini terjadi enam jam setelah diperbaiki.

Direktur Teknik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Made Suarsa, mengatakan proses perbaikan pipa 400 mm yang mengalami kerusakan di bawah jembatan Jalan Bypass Ngurah Rai sebenarnya sudah selesai pada Selasa subuh sekitar pukul 03.00 Wita. Setelah selesai dikerjakan, pihaknya mulai menyalurkan air melalui pipa tersebut. Sayangnya pipa kembali pecah dan mengalami kebocoran lagi. Pipa yang bocor tidak jauh dari lokasi semula. Pipa tersebut pecah pada pukul 09.00 Wita.

“Titik pipa yang pecah itu tak jauh dari yang sebelumnya selesai diperbaiki, sehingga proses penyaluran air bersih kembali terkendala,” ujar Suarsa.
Setelah adanya pipa baru yang pecah itu, penanganan tidak serta merta bisa dilakukan. Lantaran kondisi air laut sedang pasang. Ketika sudah surut, Suarsa memastikan akan langsung melakukan upaya perbaikan. Jika penanganan bisa diselesaikan, Rabu (7/6) hari ini, maka diperkirakan suplai air bersih kepada pelanggan baru bisa normal kembali dua hari setelahnya. “Kemungkinan besar untuk suplai air bersih ke beberapa wilayah kembali normal pada 9 Juni 2023,” katanya.

Menurut Suarsa, kebocoran pipa yang berulang terjadi akibat usia pipa yang terbilang berumur. Di samping itu, posisi pipa juga kerap terendam air laut saat pasang, sehingga mengalami korosi. “Makanya kami sedang merancang memindahkan pipa tersebut. Mudah-mudahan itu (relokasi) sudah bisa kita eksekusi dalam beberapa bulan ke depan. Sebisa mungkin sebelum musim hujan, maksimal September agar sudah selesai,” harap Suarsa.

Selain rencana memindahkan pipa yang berada di bawah jembatan Jalan Bypass Ngurah Rai, sambung dia, juga akan dilakukan penggantian pipa dengan panjang sekitar 300 meter. Pipa tersebut diklaim tidak mudah korosi. Untuk penggantian pipa dan pengerjaannya dibutuhkan dana sekitar Rp 6 miliar hingga Rp 10 miliar. 7 dar

Komentar