nusabali

Pos Kamling Jepun Pipil Jadi Wakil Kecamatan Dentim

Lomba Serangkaian HUT Ke–75 Bhayangkara

  • www.nusabali.com-pos-kamling-jepun-pipil-jadi-wakil-kecamatan-dentim

DENPASAR, NusaBali
Pos keamanan lingkungan (pos kamling) di Lingkungan Jepun Pipil, Banjar Kertagraha, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, menjadi wakil Kecamatan Denpasar Timur untuk dinilai dalam lomba serangkaian HUT ke–75 Bhayangkara pada 1 Juli 2021 mendatang.

Jepun Pipil dipilih karena dinilai masih konsisten dalam menjaga keamanan lingkungan. Kepala Lingkungan Jepun Pipil yang sekaligus Kepala Dusun Banjar Kertagraha I Wayan Merta, mengungkapkan, Pos Kamling Jepun Pipil dipilih oleh Polsek Denpasar Timur untuk mewakili Kecamatan Dentim. Pos ini diajukan dalam lomba karena masih eksis dan konsisten dalam menjaga keamanan lingkungan.

Selama ini penjagaan di pos tersebut rutin dilakukan oleh pecalang, petugas ronda, yang bekerjasama dengan polisi, satpam, Babinsa (TNI), dan Linmas. Petugas ronda juga melibatkan warga yang berjaga setiap hari dari pukul 24.00 Wita sampai 05.00 Wita. “Ini dilihat paling konsisten dalam mengamankan lingkungan, jadi kami diminta ikut lomba,” ucap Wayan Merta.

Wayan Merta mengatakan, persiapanlomba ini sangat singkat. Tetapi, karena niat dari warga dan lingkungan, persiapan bisa dilakukan.

Kanit Bimas Polsek Dentim Iptu I Nyoman Sudarsa yang hadir di lokasi mengatakan, satu-satunya pos kamling yang masih bertahan dengan tingkat pengamanan yang bagus adalah Pos Kamling Jepun Pipil. Menurutnya, pos kamling yang lainnya juga bagus, tetapi dari segi sarana dan prasarana hingga konsennya petugas lingkungan dan warga menjaga keamanan, membuat Polsek Dentim memilih Pos Kamling Jepun Pipil ini mewakili kecamatan.

Dia mengatakan, selama ini pos kamling di Kecamatan Denpasar Timur dipantau baik dari kepolisian maupun dari masukan warga. “Kami pantau ternyata pos kamling ini yang memang melakukan penjagaan dengan perlengkapan petugas yang baik. Ini juga masukan dari masyarakat, jadi kami pilih pos ini yang mewakili. Bukan yang lain tidak baik, semua baik, hanya saja Pos Kamling Jepun Pipil paling konsisten melakukan pengamanan terutama pada PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat),” kata Iptu Sudarsa.

Tim Penilai yang juga Kasat Bimas Polresta Denpasar Kompol I Nyoman Alit Suparta, mengatakan lomba ini merupakan rangkaian HUT Bhayangkara. Pada lomba melibatkan empat kecamatan di Kota Denpasar ini akan dinilai dan dipilih salah satu yang terbaik. Yang terbaik akan dilombakan ke tingkat Polda.

Menurut Kompol Alit Suparta, kriteria lomba antara lain kelengkapan sarana dan prasarana pos kamling, berupa borgol, kentongan, dan fasilitas lainnya. Selain itu, petugas ronda juga dites cara membunyikan kentongan. Sehingga ke depannya jika ada kejadian mereka tidak salah memberi informasi ke masyarakat. *mis

Komentar