nusabali

Belanda Gasak Georgia

Lukaku Bawa Belgia Atasi Kroasia

  • www.nusabali.com-belanda-gasak-georgia

ENSCHEDE, NusaBali
Tim nasional Belanda mendapat suntikan kepercayaan diri, usai menggasak Georgia 3-0, dalam laga pemanasan terakhir menjelang babak utama EURO 2020, di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Senin (7/6) dinihari WITA.

Tiga gol Belanda dicetak Memphis Depay, Wout Weghorst dan Ryan Gravenberch pada laga di depan sekitar 7.500 penonton langsung di tribun stadion.

Baru sembilan menit laga berjalan, Belanda memperoleh hadiah penalti usai Denzel Dumfries dijatuhkan di dalam area terlarang. Depay sukses menjadi algojo dan memperdaya kiper Giorgi Loria untuk membawa Belanda memimpin 1-0 pada menit ke-10.

Belanda yang tampil dominan mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-55 melalui Weghorst. Lalu

Gravenberch membuat gol dalam debut bersama Belanda dengan menanduk bola muntah tendangan Donyell Malen yang gagal diantisipasi sempurna kiper Loria.

Kemenangan itu menjadi hasil yang lebih baik bagi Belanda setelah pada laga pemanasan sebelumnya ditahan imbang Skotlandia 2-2, tiga hari lalu. Belanda di Grup C akan mengawali laga dengan menjamu Ukraina di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu (13/6).

Sementara pada laga pemanasan lainnya, Romelu Lukaku membawa Belgia mengatasi Kroasia 1-0, di Stadion King Boaudouin, Brussels, Senin dinihari Wita. Gol itu dicetak Lukaku pada menit ke-38 memanfaatkan kemelut di depan gawang Kroasia.

Berawal dari sepak pojok, yang gagal diantisipasi sempurna para pemain Kroasia, bola disodorkan oleh Jason Denayer untuk disambar dengan sontekan krusial Lukaku. Dengan gol itu, kini Lukaku mencapai torehan 60 gol di laga internasional kian menegaskan statusnya sebagai top skor Belgia sepanjang masa.

Kendati sempat mengawali laga dengan baik, Kroasia justru berbalik di bawah tekanan Belgia. Laga itu ditandai Eden Hazard kembali mengenakan seragam Timnas Belgia sejak November 2019, saat masuk 8 menit jelang bubaran. Laga itu memperbesar peluang Hazard bermain sejak awal saat Belgia membuka laga Grup B Euro 2020 lawan tuan rumah Rusia di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Sabtu (12/6).

Namun Belgia terancam kehilangan Kevin de Bruyne, yang kondisinya meragukan pasca operasi. Kapten Manchester City itu menjalani operasi usai cidera tulang hidung di final Liga Champions. Andalan lain Belgia, yakni Axel Witsel besar kemungkinan baru turun di babak gugur, dengan asumsi Belgia lolos dari Grup B, karena menjalani pemulihan pascaoperasi Achilles awal tahun 2021. *ant

Komentar