nusabali

Forum Pemuda Nusantara Bali Gelar Doa dan Deklarasi Kebangsaan

  • www.nusabali.com-forum-pemuda-nusantara-bali-gelar-doa-dan-deklarasi-kebangsaan

DENPASAR, NusaBali.com - Hari Kelahiran Pancasila diperingati oleh Forum Pemuda Nusantara Bali dengan melakukan Doa dan Deklarasi Kebangsaan di Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar pada Rabu (2/6/2021).

“Berdasarkan isu-isu dan masalah-masalah yang beredar, yang ingin memecah belah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka kami di sini ingin menguatkan rasa persatuan dan rasa nasionalisme kepada bangsa Indonesia,” ungkap Rovin Bou, 27, Kordinator Acara dari Forum Pemuda Nusantara Bali.

Peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini ialah 2 orang perwakilan dari 16 organisasi-organisasi.  Mereka adalah Elemen Mahasiswa Bali, IMM cabang Badung, Ikatan Mahasiswa Flores Timur, Forum Mahasiswa Malaka, Kolorai Muda, Keluarga Mahasiswa Timur, GMKI, PMKRI, Patriot Garda Nusantara, Putra-Putri Sekolah Ajeg Bali, Putra-Putri kampus Ajeg Bali, Siswa Berprestasi, Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara, KMHDI, Ikatan Mahasiswa dan Pemuda Nagekeo.

Dengan menampilkan pakaian daerahnya masing-masing, para peserta kegiatan ini wajib mengikuti swab terlebih dahulu sebelum menuju masuk ke Monumen Bajra Sandhi Renon. “Untuk para peserta kegiatan ini wajib diswab terlebih dahulu, dan difasilitasi oleh pihak Polresta Denpasar,” kata Bou, aktivis asal Malaka ini.


Hal yang sama pun diungkapkan oleh Kompol I Gede Ganefo dari Polresta Denpasar. “Rekan-rekan dari Forum Pemuda Nusantara Bali sebelumnya sudah mengabarkan akan mengadakan kegiatan, lalu kami sangat apresiasi, dengan menyediakan swab gratis kepada para peserta sehingga tetap memperhatikan prokes yang ketat karena mengingat masih dalam masa pandemi, kami pun dari kepolisian mengerahkan 130 personel untuk mengamankan kegiatan ini,” ungkap Ganefo.

Adapun deklarasi yang diucapkan oleh perwakilan dari Forum Pemuda Nusantara Bali Rovin Bou ialah sebagai berikut. “Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dengan dilandasi semangat persatuan dan persaudaraan serta penuh kesadaran dan keikhlasan kami pemuda/pemudi menyatakan tekad sebagai berikut : “Menjunjung tinggi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-Undang 1945 dan menjaga keutuhan NKRI. Bersama seluruh elemen mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kedaerahan, keagamaan dan kemahasiswaan,  membangun, semangat solidaritas, toleransi, guyub rukun, gotong royong dan tetap membawa nilai-nilai religiusitas.”

“Siap menjadi pelopor, penerus dan pelestari nilai-nilai kejuangan generasi pendahulu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Akan merawat dan menjaga bhineka, keamanan dan kenyamanan hidup di negeri bumi pertiwi. Mendukung perwujudan lingkungan yang aman, yang nyaman dan kondusif serta menentang segala bentuk intoleransi, radikalisme, separatisme, teror, penyebaran hoaks dan ujaran kebencian.”

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, meridhoi dan memudahkan usaha luhur kita untuk membangun Indonesia. Denpasar 2 Juni 2021,” tegasnya.

Rovin Bou pun mengungkapkan ingin mempertunjukkan persatuan keberagaman dari Bali untuk Indonesia. “Kami di sini ingin menampilkan wujud keberagaman dari bangsa Indonesia melalui Bali untuk Indonesia, walaupun kami tidak bisa menampilkan semua suku yang ada, mengingat suku di Indonesia sangat banyak jumlahya,” ungkapnya.

Rovin Bou pun berharap agar selanjutnya kegiatan kebangsaan untuk memperkuat rasa persatuan antar suku dan budaya di Indonesia, dan menjunjung tinggi nilai Bhineka Tunggal Ika serta Pancasila seperti ini dapat terlaksana di setiap tahunnya, mengingat pada 2020 lalu, kegiatan tersebut ditiadakan karena masa pandemi. *rma

Komentar