nusabali

Tabanan Kembali Terima 25.000 Vaksin Astra Zaneca

  • www.nusabali.com-tabanan-kembali-terima-25000-vaksin-astra-zaneca

TABANAN, NusaBali
Kabupaten Tabanan kembali mendapat tambahan 25.000 dosis vaksin jenis Astra Zaneca.

Vaksin tersebut akan dipakai vaksinasi warga di Desa Sudimara dan Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan. Kamis (27/5), Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika menyebutkan, Dinas Kesehatan Tabanan sudah menyasar 133 desa untuk divaksinasi yakni berbasis banjar dan di puskesmas. Namun sebagian besar masyarakat di semua desa, belum tuntas vaksinasi. Karena ketersediaan vaksin terbatas. ‘’Yang sudah tuntas divaksinasi hanya masyarakat Desa Beraban, Kecamatan Kediri,’’ jelasnya.

Kata dia, setelah menghabiskan 50.000 dosis vaksin jenis AstraZaneca, Kabupaten Tabanan kembali mendapat tambahan vaksin 25.000 dosis jenis sama. Vaksin ini diperuntukkan kepada warga Desa Sudimara dan Desa Denbantas. "Kami arahkan vaksinasi sesuai prioritas kebutuhan di desa," katanya, Kamis (27/5).

Dijelaskan, di dua desa tersebut sasaran orang yang divaksin 9.715 orang. Rinciannya di Desa Sudimara sebanyak 5.059 orang dan di Desa Denbantas sebanyak 4.656 orang. "Tambahan vaksin tersebut selain kami arahkan ke dua desa, juga didistribusikan ke puskesmas di Tabanan untuk vaksinasi rutin," tegasnya.

Dia menerangkan, di Kabupaten Tabanan dari 133 desa yang ada, seluruh desa sudah disasar vaksinasi. Hanya saja, vaksinasi itu belum tuntas. Seluruh warga yang sudah tuntas divaksinasi baru hanya Desa Beraban, Kecamatan Kediri. Dengan mekanisme vaksinasi berbasis banjar dan puskesmas, maka seluruh masyarakat akan mendapat vaksin. ‘’Namun harus bertahap, karena ketersediaan vaksin masih terbatas, tidak bisa sekaligus," paparnya.

Sementara itu, kasus Covid-19 di Kabupaten Tabanan, belakangan ini mulai melandai. Data Kamis (27/5), ada tambahan 4 kasus baru dan 2 pasien dinyatakan sembuh. Dengan terus mulai menurunnya kasus Covid-19, diharapkan masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.*des

Komentar