nusabali

Desa Dalung Gencarkan Program Bank Sampah

  • www.nusabali.com-desa-dalung-gencarkan-program-bank-sampah

MANGUPURA, NusaBali
Program Bank Sampah di Kabupaten Badung, yakni pembelian sampah daur ulang kembali dibangkitkan.

Tujuannya agar masyarakat mau memilah sampah sendiri. Salah satu desa yang menggecarkan lagi program bank sampah adalah Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah B3 Dina Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Badung AA Gede Dalem, program pengolahan sampah atau bank sampah di desa dibangkitkan kembali agar masyarakat sadar akan pengolahan sampah mulai dari diri sendiri. Selain itu, dari pengolahan sampah itu bisa menghasilkan uang.

Salah satu desa yang menggecarkan lagi program bank sampah, sebut Gung Dalem, yakni Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara. Gung Dalem mengatakan, masyarakat mulai melakukan pemilahan sampah dan dijual ke bank sampah di desa setempat. Untuk hari Sabtu, bank sampah yang buka di Desa Dalung adalah Bank Sampah Banjar Kung, Banjar Kaja, dan Banjar Lingga Bumi. Sementara pada hari Minggu, Bank Sampah yang buka adalah Banjar Kwanji, Bhineka Nusa Kauh, Taman Tirta, Cempaka Mas, dan Celuk. “Pengelolaan sampah plastiknya dengan cara membeli sampah plastik dari masyarakat yang sudah dipilah. Itu tetap dijalankan,” ujarnya Minggu (16/5).

Pria yang akrab disapa Gung Dalem ini menambahkan, untuk Banjar Kwanji, Bhineka Nusa Kauh, dan Taman Tirta mulai buka pukul 09.00 Wita. Sedangkan Banjar Mas dibuka mula pukul 14.00 Wita serta Banjar Celuk dibuka pukul 15.00 Wita. “Program ini cukup efektif dalam menjaga lingkungan kita bersih dari sampah plastik. Masyarakat akan mau memilah sampah rumah tangganya sebelum residu akhir diangkut oleh petugas sampah,” papar Gung Dalem.

Gung Dalem juga menjelaskan untuk program tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R) di Kabupaten Badung, masih terus dilakukan. Meski pihaknya mengakui belum semua desa punya TPS 3R, karena minat masyarakat terhadap bisnis sampah masih minim. “Ada sejumlah desa atau kelurahan yang sedang membangun TPS 3R, yakni di Kelurahan Tanjung Benoa dan Kedonganan, sedangkan di Badung Utara yang sudah bergerak adalah TPS 3R Bhakti Pertiwi di Desa Mekar Bhuana,” terangnya. *ind

Komentar