nusabali

Duta Paskibraka Buleleng Hanya Lolos Tingkat Provinsi

  • www.nusabali.com-duta-paskibraka-buleleng-hanya-lolos-tingkat-provinsi

SINGARAJA, NusaBali
Kadek Doni Rico Artawan, 16, duta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Buleleng harus berbesar hati mengakui keunggulan pesaingnya dari kabupaten/kota di Bali.

Setelah berjuang maksimal Doni Rico hanya lolos Paskibraka tingkat Provinsi Bali 2021, setelah mengantongi peringkat 4 besar dari seleksi yang dilaksanakan 4-5 Mei di Denpasar.

Siswa Kelas X SMA Taruna Mandara ini sesuai dengan Berita Acara  Penetapan Pemenang Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali tahun 2021 nomor:B.31.427/369990/PORA/DIKPORA, berhasil meraih nilai 487,43. Selanjutnya, Rico bersama 9 rekan lainnya akan menunggu informasi kegiatan latihan dari Disdikpora Provinsi Bali.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata dihubungi Kamis (6/5) kemarin menyebutkan duta paskibraka Buleleng sudah berbuat maksimal. Dia pun mengakui untuk seleksi Paskibraka tingkat nasional dan terpilih menjadi wakil Bali memang sangat ketat. Terlebih seorang Paskibraka terpilih tak hanya kuat dalam fisik dan cakap dalam baris berbaris, tetapi juga harus memeliki wawasan luas hingga keterampilan seni dan budaya.

“Ya memang persaingannya cukup ketat. Buleleng pernah berjaya mewakili Bali ke tingkat nasional pada tahun 2015 dan 2017 lalu. Perlu perjuangan maksimal dan itu sudah diupayakan duta Buleleng dengan mengikuti seleksi dengan sangat bersemangat,” ucap Surya Bharata. Dia menjelaskan persiapan juga sebelumnya sudah dilakukan secara matang. Rico terpilih menjadi duta Buleleng setelah mengikuti seleksi di tingkat kabupaten Buleleng pada awal April lalu.

Seleksi dan pembinaan Paskibraka Buleleng diikuti oleh 33 orang peserta dari perwakilan sekolah SMA/SMK di wilayah kota. Disdikpora Buleleng juga telah melibatkan juri dari Sekolah Polisi Nasional (SPN) Sinagraja dan Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Buleleng.

Seluruh  peserta  calon Paskibraka harus menjalani tes PBB  meliputi sikap sempurna, sikap hormat, sikap istirahat, langkah tegap, jalan ditempat,  hadap kanan / kiri,  hadap serong kanan / kiri, balik kanan, dan kesigapan. Mereka juga dituntut memiliki berat badan ideal serta tinggi badan minimal 178 sentimeter untuk putra dan 168 sentimeter untuk putri.

Dalam proses seleksi dan penjurian, Disdikpora Buleleng pada Senin (3/5) lalu melepas Kadek Doni Rico Artawan siswa SMA Taruna Mandara dan Komang Gita Mika Triyani siswa SMA N 1 Singaraja, menjadi duta Buleleng mengikuti seleksi di tingkat provinsi. *k23

Komentar