nusabali

Ditinggal Isteri ke Pasar, Turis Jerman Tewas

  • www.nusabali.com-ditinggal-isteri-ke-pasar-turis-jerman-tewas

Kabar duka terjadi saat korban yang sudah sakit-sakitan ditinggal pergi ke pasar oleh istrinya.

SINGARAJA, NusaBali
Seorang warga asing asal Jerman Adolf Otto Bachman, 73, ditemukan tewas saat ditinggal oleh istrinya Komang Sarining, 40, pergi ke pasar, Minggu (4/12) pukul 07.30 Wita. Diperkirakan turis yang sudah menetap di Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng tewas karena sakit yang dideritanya sejak beberapa tahun yang lalu.

Namun sebelumnya pada pukul 06.00 Wita seperti biasa Sarining memberikan jus mangga dan memberinya obat untuk diminum, mengingat kondisi Adolf tidak lagi sehat. Setelah memberikan jus dan minum obat, Sarining pun meninggalkan suaminya ke pasar. Ia lalu meminta Putu Yuni Damayanti, 14, yang tidak lain adalah keponakan Sarining untuk menjaga Adolf.

Nah sekitar pukul 07.30 Wita, Yuni bermaksud untuk mengecek keadaan Adolf yang berbarng di kamarnya. Namun saat itu Yuni telah mendapati Adolf dengan kondisi tubuh yang sangat dingin. Lalu Yuni memegang tangan Adolf dan saat itu juga ia menghembuskan nafas terakhirnya. Kejadian tersebut pun sempat membuat panik Yuni yang kemudian memberi tahu orangtuanya dan bibinya, Sarining, bahwa pamannya telah tiada.

Keluarganya lalu membawa korban ke Puskesmas Buleleng I, sayangnya tidak dapat tertolong. Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan seperti lebam di sekitar tubuh Adolf dan diperkirakan meninggal dunia pada pukul 08.00 Wita. Dari keterangan petugas Puskesmas Buleleng I, dua hari sebelumnya Adolf juga sempat mengecek kesehatannya, yang saat itu telah mengalami respons lemah dan sesak nafas.

Sebelumnya dari rekam medisnya, ia juga dinyatakan mengidap beberapa penyakit seperti kanker saluran kemih dan sempat dioperasi di Jerman pada tahun 2015 lalu, sakit jantung dan paru sesuai dengan rekam medis milik korban yang dikeluarkan oleh RSUD Buleleng, RS Paramasidhi dan RSUP Sanglah.

Sementara itu, menurut Kasubag Humas Polres Buleleng, AKP I Nyoman Suartika dikonfrmasi terpisah membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya korban juga meninggalkan surat wasiat yang berbahasa Inggris dan dibuat di notaris Farida Andriani,SH, yang menyatakan bahwa dirinya setelah meninggal diminta untuk dikremasi dan abunya dibuang ke laut. Sedangkan untuk warisan yang dimilikinya akan diberikan kepada anak-anaknya secara adil dan merata.

“Saat ini jenazah Adolf masih dititipkan di ruang jenazah RSUD Buleleng, sembari menunggu kepastian dari keluarganya yang ada di luar negeri,” ujar AAKP Suartika. Istrinya Sarining pun saat ini masih menunggu kepastian keluarga Adolf di Jerman dan menentukan kapan proses kremasi akan dilakukan. *k23

Komentar