nusabali

Amankan Jumat Agung, Satpol PP Terjunkan Puluhan Personel

  • www.nusabali.com-amankan-jumat-agung-satpol-pp-terjunkan-puluhan-personel

MANGUPURA, NusaBali
Petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung, mengerahkan 25 personel berjaga di sejumlah Gereja yang ada di wilayah Badung.

Pengerahan puluhan personel ini untuk membantu aparat keamanan terdiri dari TNI/Polri, saat pelaksanaan Jumat Agung, pada Jumat (2/4) siang. Penjagaan tersebut akan berlangsung hingga Hari Raya Paskah, pada Minggu (4/4) besok.

Kepala Satpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan dalam rangkaian Hari Raya Paskah, mengerahkan sebanyak 25 orang personel untuk membantu berjaga beberapa Gereja yang ada di wilayah Badung. Penjagaan tersebut bahkan sudah dilakukan sejak perayaan Kamis Putih pada Kamis (1/4) Hari Raya Paskah, Minggu (4/4) besok. “Dalam rangkaian Hari Raya Paskah ini, kami sudah lakukan penjagaan sejak Kamis kemarin. Kami turunkan personel untuk melakukan penjagaan bersama aparat kepolisian dan TNI,” kata Suryanegara, Jumat (2/4).

Dijelaskan, masing-masing Gereja, terdapat 3 hingga 5 personel yang ditempatkan, tergantung dari banyaknya jemaat/umat. “Intinya kami mem-backup kepolisian untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Gereja. Sehingga, umat tetap khusyuk menjalani perayaan,” kata Suryanegara.

Mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung, itu menambahkan selain membantu menjaga keamanan, personel Satpol PP di lapangan juga bertugas mengingatkan dan mengimbau warga agar tetap menerapkan jarak aman, menggunakan masker saat berada di Gereja, sehingga tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19. “Dari laporan tim di lapangan, sejumlah umat yang hadir di Gereja sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti halnya di Gereja Bunda Segala Bangsa, Nusa Dua, Kuta Selatan ,dan beberapa Gereja lainnya di wilayah Kuta, Tuban, Kwanji,” kata Suryanegara.

“Jadi, soal keamanan unsur kepolisian dan TNI yang menangani. Kami (Satpol PP Badung, Red) lebih kepada penerapan prokes, apalagi saat pandemi ini,” imbuh Suryanegara. *dar

Komentar