nusabali

Ribuan Umat Katolik Denpasar Antusias Ikuti Ibadat Jumat Agung di Katedral

  • www.nusabali.com-ribuan-umat-katolik-denpasar-antusias-ikuti-ibadat-jumat-agung-di-katedral

DENPASAR, NusaBali.com - Lebih dari 9.000 umat Katolik di Kota Denpasar, antusias mengikuti prosesi Ibadat Jumat Agung atau peringatan wafatnya Yesus Kristus di Gereja Katolik Roh Kudus Katedral Denpasar pada Jumat (29/3/2024).

Ketua Panitia Paskah Gereja Katolik Roh Kudus Katedral Denpasar Ignatius Setyo Pryatno mengatakan panitia penyelenggara menyiapkan tempat duduk sesuai kapasitas gereja, namun jumlah umat yang datang selalu melebihi daya tampung.

"Kami sediakan 1.680 tempat duduk di dalam gereja dan 7.550 di luar. Tapi, panitia selalu menambahkan karena umat yang datang selalu membeludak," kata Setyo Pryatno.

Untuk mengantisipasi kemacetan, pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, dan panitia menyiapkan 9 kantor parkir di sekitar gereja. Pengamanan dilakukan oleh puluhan personel gabungan TNI/Polri selama rangkaian tri hari suci Paskah.

Ibadat Jumat Agung di Katedral Denpasar dilaksanakan sebanyak lima kali untuk menampung seluruh umat yakni pukul 09.00, 12.00, 13.00,18.00 dan 21.00 WITA. 

Ibadat sesi keempat dipimpin oleh Uskup Keuskupan Denpasar Mgr. Silvester Tung Kiem San.

Mgr. Silvester San dalam khotbahnya mengatakan Jumat Agung merupakan perayaan khusus untuk mengenang sengsara dan kematian Yesus Kristus.

"Penderitaan dan salib Yesus mengingatkan kepada banyak penderitaan yang dialami gereja di seluruh dunia. Penderitaan menjadi bagian integral kehidupan pengikut Kristus," kata Uskup Silvester.

Uskup Silvester meminta umat Katolik untuk berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat dan negara.

Ibadat Jumat Agung terdiri dari tiga bagian: ibadat sabda, penghormatan salib, dan penerimaan komuni. Salah satu rangkaian acara adalah pembacaan kisah sengsara Yesus Kristus yang dibawakan dengan nyanyian Pasio, dilanjutkan dengan prosesi penghormatan salib. *ant

Komentar