nusabali

Ribuan Umat Katolik Padati Gereja Oikumene Immanuel Denpasar di Malam Paskah

  • www.nusabali.com-ribuan-umat-katolik-padati-gereja-oikumene-immanuel-denpasar-di-malam-paskah
  • www.nusabali.com-ribuan-umat-katolik-padati-gereja-oikumene-immanuel-denpasar-di-malam-paskah

DENPASAR, NusaBali.com - Ribuan umat Katolik memadati Gereja Oikumene Immanuel di Jalan PB Sudirman, Denpasar, pada Sabtu (30/3/2024) malam untuk mengikuti perayaan Misa Vigili Paskah atau malam Paskah.

Perayaan ini dimulai pada pukul 18.30 WITA dan berlangsung dengan penuh khidmat. Umat diajak untuk merenungkan kisah sengsara Yesus Kristus dan merayakan kebangkitan-Nya.

Misa Vigili Paskah di Gereja Immanuel dipimpin oleh RD Thomas Almasan. Dalam khotbahnya, ia menekankan pesan kegembiraan dan sukacita Paskah.

"Kematian dan kuasa kegelapan telah dikalahkan melalui kebangkitan Yesus pada pesta Paskah ini," kata RD Thomas.

Ia mengajak umat untuk melihat Paskah sebagai momen pembebasan dan kemenangan atas dosa dan maut.

"Kita patut bersukacita, bukan karena kemampuan kita, tetapi Kristus sang Cahaya dunia itu, menerangi, membimbing, menuntun, dan memberkati selalu. Ini adalah karya Agung Allah," kata RD Thomas.

RD Thomas Almasan.

Selain khotbah, perayaan Misa Vigili Paskah juga diisi dengan berbagai ritual, seperti upacara cahaya, Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, dan Pembaharuan Janji Baptis.

Setelah misa selesai, RD. Thomas Almasan membagikan bingkisan hadiah Paskah kepada anak-anak yang hadir.

"Tujuannya untuk ikut membagi kebahagiaan Paskah kepada mereka. Gereja ingin hadir membawa sukacita itu melalui cara sederhana," kata RD. Thomas.

Sementara itu, Pengurus DPP sekaligus koordinator petugas pengamanan perayaan malam Paskah di Gereja Immanuel, Simon Sudirman, mengatakan, jumlah umat yang hadir mencapai 1.500 orang.

"Kalau kapasitas di dalam gereja sendiri, hanya mampu menampung umat sebanyak 700 orang," kata Simon.

Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah umat, pihak gereja telah menyiapkan bangku tambahan dan tenda di sisi kiri kanan gereja.

Perayaan Paskah tahun ini terasa istimewa bagi umat Katolik di Denpasar. Kehadiran ribuan umat di Gereja Immanuel menunjukkan antusiasme mereka dalam menyambut kebangkitan Yesus Kristus. *ol4

Komentar