nusabali

Hari Ini, Pasar Banyuasri Mulai Beroperasi

  • www.nusabali.com-hari-ini-pasar-banyuasri-mulai-beroperasi

SINGARAJA, NusaBali
Pasar Banyuasri akan mulai beroperasi pada hari ini, Jumat (26/3). Pengelola pasar memberlakukan tiga waktu operasional bagi pedagang.

“Untuk pedagang Pasar Banyuasri di tengah gedung buka mulai pukul 05.00 Wita – 17.00 Wita,” ujar Dirut Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Argha Nayottama Buleleng Made Agus Yudi Arsana.

“Kemudian akan dilanjutkan oleh pedagang bermobil di sepanjang Jalan Samudra Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng mulai pukul 14.00 Wita – pukul 18.00 Wita. Lalu waktu operasional pasar tumpah mulai pukul 18.00 Wita sampai pukul 04.00 Wita,” lanjutnya.

Agus Yudi mengaku setelah pasar beroperasi hari ini akan melakukan evaluasi kembali hingga Senin (29/3) mendatang. Pedagang yang belum memasuki gedung pasar akan disurati.

Sedangkan 31 kios yang masih kosong karena melebihi dari jumlah pedagang Banyuasri lama sudah mulai ada pengajuan penempatan oleh pedagang baru. Masyarakat yang ingin mencoba peruntungan berjualan di Pasar Banyuasri wjaib mengajukan permohonan kepada Perumda Pasar. Selanjutnya melengkapi administrasi berupa KTP dan pas foto.

Sedangkan untuk registrasi kepemilikan kios baru yang masih tersedia dipatok dengan harga Rp 50 juta. Registrasi kepemilikan itu hanya dibayarkan sekali. Selain itu pedagang baru juga memiliki kewajiban untuk membayarkan sewa tanah setiap bulannya dengan perhitungan Rp 59.400 per bulan serta pungutan harian Rp 7.000 per hari. “Kemarin sudah ada yang mengajukan permohonan tetapi belum kami rekap jumlahnya,” ungkap dia.

Sementara itu penataan lantai tiga yang direncanakan untuk kuliner tradisional dan modern baru akan dilakukan setelah pengaturan pedagang lama tuntas dan rapi. “Kami fokus di pedagang lama dulu biar rapi dulu karena ini jumlahnya ribuan. Nanti setelah peresmian tanggal 30 Maret lalu baru nanti akan kami rancang penataan di lantai 3,” jelas Agus Yudi.  Sejauh ini bangunan pasar Banyuasri baru menyediakan 184 kios, 780 los dan 92 ruko. *k23

Komentar