nusabali

Ujian Sekolah SMP Secara Tatap Muka

  • www.nusabali.com-ujian-sekolah-smp-secara-tatap-muka

BANGLI, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli menjadwalkan ujian sekolah (US) untuk siswa SMP mulai Senin (29/3) mendatang.

Ujian sekolah yang diikuti siswa kelas IX akan berlangsung secara tatap muka. Para guru segera menjalani vaksinasi Covid-19.

Plt Kadisdikpora Bangli, I Dewa Agung Putu Purnama, mengatakan ujian sekolah berlangsung selama 6 hari. Ada 11 mata pelajaran yang diujikan. Hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Hari berikutnya Matematika, PPKn, Bahasa Inggris, PJOK, IPA, Bahasa Bali, IPS, Prakarya, dan Seni Budaya. “Setiap hari ada dua mata pelajaran yang diujikan, khusus hari terakhir hanya satu mata pelajaran,” ungkap Dewa Purnama, Kamis (25/3).

Ujian sekolah tahun ajaran 2020/2021 diikuti 3.528 siswa yang tersebar di 28 SMP di Bangli. Ujian sekolah berlangsung secara tatap muka. Masing-masing sekolah saat ini sedang melakukan persiapan, termasuk memperketat protokol kesehatan. Menurut Dewa Purnama, sejauh ini tidak ada kendala. “Panitia masing-masing sekolah sudah menyiapkan dengan baik, setiap tahapan tetap mengikuti protokol kesehatan,” ujar mantan Camat Kintamani ini.

Dewa Purnama yang juga Sekretaris Satpol PP dan Damkar Bangli ini mengatakan, vaksinasi guru sudah dijadwalkan mulai 27 Maret besok. Selain itu, pegawai di masing-masing UPT Disdikpora dan SKB Bangli juga mengikuti vaksinasi. “Para guru sudah terdata dan sudah terjadwal untuk mengikuti vaksinasi. Vaksinasi langsung di masing-masing kecamatan,” jelas Dewa Purnama.

Sebelum pembelajaran tatap muka, Dewa Purnama ingin sekolah siap untuk menjalankan pembelajaran secara langsung. Selain kebersihan, protokol kesehatan, juga sarana prasana pendukung lainnya harus siap. “Memang Bangli sempat melakukan pembelajaran tatap muka meski hanya seminggu. Kami ingin mematangkan kesiapan, termasuk nantinya ditetapkan sebagai green zone,” harap Dewa Purnama. *esa

Komentar