nusabali

Denpasar Tambah 11 Posko untuk Vaksinasi Kawasan Zona Hijau Sanur

Pemkot Target Vaksinasi Dosis Pertama Tuntas 3 April 2021

  • www.nusabali.com-denpasar-tambah-11-posko-untuk-vaksinasi-kawasan-zona-hijau-sanur

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar kembali menambah 11 posko vaksinasi Covid-19 di kawasan zona hijau Sanur, Denpasar Selatan.

Penambahan posko tersebut dilakukan untuk mempercepat penyelesaian vaksinasi tahap pertama, 3 April 2021 mendatang. Ke-11 posko tersebut akan mulai beroperasi hari ini, Jumat (26/3). Dengan penambahan tersebut, kini posko untuk vaksinasi di Sanur menjadi 24.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, mengatakan tambahan posko tersebut yakni di Inna Grand Bali Beach sebanyak 4 posko, Hyatt Regency sebanyak 4 posko, Banjar Taman sebanyak 1 posko, Hatten Wine sebanyak 1 posko, dan Tunas Jaya Sanur sebanyak 1 posko.

Sementara 13 posko sebelumnya yakni Banjar Betngandang, SMKN 3 Denpasar, Banjar Medura, Banjar Dangin Peken, Pasar Intaran, Lapangan Yayasan Pembangunan Sanur, Banjar Semawang, Pasar Sindu, Banjar Pekandelan, SMAN 6 Denpasar, dan Hotel Puri Santrian.

Dengan penambahan posko tersebut, jumlah petugas pun ditambah sebanyak 88 orang, sehingga total petugas menjadi 192 orang. “Dengan penambahan posko ini, kami targetkan pelaksanaan vaksinasi dosis pertama bisa selesai 3 April ini,” kata Dewa Rai, Kamis (25/3).

Dewa Rai mengatakan, untuk vaksinasi di kawasan zona hijau Sanur menyasar sebanyak 35 ribu orang. Sebanyak 8.000 sasaran vaksin merupakan pekerja pariwisata. Untuk pelaksanaan vaksinasi pekerja pariwisata ini digelar di Puri Santrian, Bali International School, Prime Plaza, Inna Grand Bali Beach, dan Hyatt Regency.

Selain penambahan jumlah posko, pemkot juga menambah jumlah cakupan vaksinasi per hari dalam satu posko. “Yang semula 100 sampai 150 orang, targetnya dinaikkan menjadi 250 orang per posko per hari. Bahkan kemarin pelaksanaan vaksin sampai pukul 6 sore (18.00 Wita),” imbuh Dewa Rai.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan dua orang dari masing-masing OPD untuk melakukan input data. Sementara itu, untuk vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan pada Mei 2021. Hal ini dikarenakan, rentang waktu dari dosis pertama ke dosis kedua untuk vaksin AstraZeneca membutuhkan waktu 8 minggu.

Berdasarkan data terakhir, jumlah warga yang sudah divaksin di kawasan zona hijau Sanur sebanyak 6.829 orang. “Sistemnya mereka digilir, ini untuk membantu percepatan pelaksanaan input data yang sudah divaksin ke dalam sistem,” tandas Dewa Rai. *mis

Komentar