nusabali

Belasan Ribu PJU di Buleleng Dipadamkan Saat Nyepi

  • www.nusabali.com-belasan-ribu-pju-di-buleleng-dipadamkan-saat-nyepi

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng akan memadamkan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sedikitnya 13.000 titik pada Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1943, Minggu (14/3) mendatang.

Pemadaman lampu PJU ini untuk mendukung kelancaran dan menciptakan kondusifitas selama pelaksanaan Catur Brata Penyepian Tahun Caka 1943.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan, Dishub Buleleng, Cok Adithya Wira Putra mengatakan, Lampu PJU rencananya akan mulai dipadamkan menjelang malam Pengerupukan pada Sabtu (13/3) sekitar pukul 18.00 Wita, dan akan dihidupkan kembali pada Senin (15/3) pagi sekitar pukul 06.00 Wita. Pihaknya telah menyiapkan tim untuk melakukan pemadaman.

"Kami melakukan pemadaman di seluruh unit panel lampu PJU yang ada di Buleleng, dan akan dipantau petugas PJU Dishub Buleleng. Sehingga pada saat umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepian betul-betul khusyuk. Kami juga telah melakukan koordinasi kepada aparat desa setempat untuk permakluman," jelas Cok Adhitya.

Dalam pelaksanaan pemadaman lampu PJU, pihaknya membagi menjadi empat tim meliputi wilayah timur, barat, tengah, dan selatan untuk mematikan ratusan panel yang tersebar di seluruh wilayah Buleleng. Selain itu, akan disiagakan petugas untuk menindaklanjuti jika ada laporan lampu PJU yang masih menyala.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan surat tugas kepada setiap tim yang bertugas di lapangan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. "Tim akan bergerak sejak dari Sabtu sore, maksimal pukul 22.00 Wita lampu PJU sudah dipadamkan semua. Semoga personel kami yang bertugas bekerja secara tepat waktu," tandas Cok Adhitya.*m

Komentar