nusabali

Dishub Cek Kelaikan Angkutan Mudik

  • www.nusabali.com-dishub-cek-kelaikan-angkutan-mudik

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng melakukan pengecekan kelaikan kendaraan atau ramp check pada sejumlah bus angkutan mudik Lebaran 2024. Pengecekan ini untuk memastikan kendaraan angkutan yang melayani rute mudik tersebut laik jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan, pengecekan kendaraan dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari kelengkapan fisik kendaraan seperti rem, lampu sein, kopling, serta kelengkapan administrasi kendaraan. “Dan yang penting pengemudinya. Kami memastikan SIM dan mengecek kesehatannya,” ujarnya, Kamis (4/4) di Kota Singaraja.

Setelah dicek, pihak Dinas Perhubungan akan memberikan kelaikan atau surat keterangan layak jalan kepada sopir kendaraan tersebut. Menurut Gunawan, sejatinya bus angkutan umum rutin dilakukan uji kir kendaraan. Hanya saja, pihaknya melakukan pengecekan kembali untuk memastikan kendaraan tersebut benar-benar layak.

Kata Gunawan, pengecekan kelaikan dilakukan untuk memastikan agar bus dalam kondisi aman dan nyaman sehingga bisa membawa pulang pemudik dalam keadaan selamat tanpa kendala di jalan. “Jadi kelaikan kendaran sangat dibutuhkan untuk menjamin, keaman dan kenyamanan bagi masyarakat yang mudik,” kata Gunawan.

Ia mengatakan ramp check angkutan Lebaran dimulai sejak bulan Maret 2024 lalu hingga puncak keberangkatan pemudik. Pengecekan dilaksanakan terhadap bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Dishub Buleleng mengerahkan teknisi khusus untuk pengecekan tersebut. Pengecekan dipusatkan di Kantor Dishub Buleleng.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 10 bus yang kami cek kelaikannya. Untuk kendaraan angkutan mudik gratis besok (hari ini) dari Polres Buleleng, juga kami siapkan petugas ramp check,” ucap Gunawan.

Selain menyasar kendaraan angkutan umum, pemeriksaan ini juga menyasar kendaraan pribadi. Dinas Perhubungan Buleleng mengimbau warga yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi agar lebih dulu melakukan pemeriksaan kendaraannya. “Pengecekan kelaikan ini gratis termasuk untuk kendaraan pribadi yang digunakan mudik lebaran,” imbuh dia.7 mzk

Komentar