nusabali

Tempat Pelatnas Basket Dinilai Dipakai Gelar IBL

  • www.nusabali.com-tempat-pelatnas-basket-dinilai-dipakai-gelar-ibl

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menganggap lokasi dan protokol kesehatannya dapat digunakan untuk menggelar Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL).

Hal itu diungkapkan Marciano, setelah melihat lokasi latihan tim nasional basket elite muda bersama Waketum Suwarno dan Sekjen Lukman Djajadikusuma pada Selasa (23/2). Kedatangannya disambut, Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih dan manajer Timnas muda, Andy Batam.

Selama di lokasi, eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu melihat ketatnya protokol kesehatan di Pelatnas basket tersebut. Mulai dari penerapan sistem gelembung, yang menutup mobilisasi orang yang keluar- masuk area Pelatnas hingga tes kesehatan bebas Covid-19 yang dilakukan secara berkala.

"Saya hadir di tengah saudara-saudara untuk melihat kelayakan tempat ini. Dari sisi keamanan atlet, keamanan ofisial, dan seluruh perangkat untuk Liga Basket Indonesia itu, saya rasa ini sudah memenuhi syarat," kata Marciano, dalam rilisnya Rabu (24/2).

 Atas dasar itu pula, Marciano menilai lokasi yang dipergunakan untuk latihan basket bisa menjadi contoh jika kompetisi basket kembali bergulir. Terlebih dalam waktu dekat, pemerintah yakni Polri, Satgas Covid-19, dan Menpora bersepakat untuk memberi peluang kepada basket seperti sepak bola untuk melaksanakan kegiatan liganya dalam waktu dekat.

"Di masa COVID-19 seperti saat ini, kita butuh atlet-atlet seperti ini yang memberi semangat bangsa Indonesia, dengan terus berolahraga, dengan memelihara semangat kita, memelihara ketahanan tubuh kita," ujar Marciano.

Harapan serupa diutarakan Danny Kosasih. Ia juga berhasrat kompetisi dapat digelar segera di lokasi Pelatnas. Meskipun ia menyadari bahwa terobosan bertanding dengan sistem bubble tetap tidak sama ketika kompetisi sebelum pandemi.

"Tempat ini kami pandang cocok karena tempat ini menggunakan bubble, tidak ada orang yang masuk, tertutup" kata Danny Kosasi. *ant

Komentar