nusabali

Jembrana Mulai Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

  • www.nusabali.com-jembrana-mulai-vaksinasi-covid-19-dosis-kedua

NEGARA, NusaBali
Vaksinasi Covid-19 dosis kedua kepada jajaran Forkopimda dan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Jembrana, dilaksanakan pada Sabtu (13/2), di lantai III Gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Negara.

Hadir dalam vaksinasi tersebut, Bupati Jembrana I Putu Artha, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jembrana Pipiet Suryo Priarto Wibowo, Pj Sekda Jembrana I Nengah Ledang, Wakil Ketua MUI Jembrana Syarif Hidayatullah, dan sejumlah nakes yang sebelumnya telah mendapat vaksin dosis pertama pada 29 Januari lalu.

Dalam vaksinasi dosis kedua ini, Bupati Artha kembali tidak bisa menerima vaksin Covid-19. Seperti diketahui, berdasar hasil screening kesehatan saat vaksinasi pada 29 Januari lalu, Bupati Artha dipastikan tidak bisa divaksin karena memiliki komorbid hipertiriod dan ada riwayat stroke ringan.

Bupati Artha berharap pelaksanaan vaksinasi dosis kedua bagi Forkopimda dan nakes ini, dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan target. Sehingga segera bisa dituntaskan, dan bisa segera dilanjutkan vaksinasi tahap selanjutnya untuk ASN, TNI/Polri, dan masyarakat.

Untuk vaksinasi tahap selanjutnya, Bupati Artha berharap agar dilakukan screening lebih awal. Sehingga vaksin yang dibutuhkan untuk tahapan selanjutnya bisa lebih awal diusulkan ke Pemprov Bali. “Lakukan screening lebih awal, karena sekian banyak syarat yang harus dilalui. Sehingga kita bisa menentukan jumlah vaksin di Jembrana,” ucapnya.

Letkol Inf Hasrifuddin Haruna usai disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua, memastikan dirinya tidak merasakan gejala apapun. Sama seperti saat mendapat suntikan vaksin dosis pertama sebelumnya. “Saya tekankan kembali kepada seluruh masyarakat Jembrana, vaksin Covid-19 ini aman dan jangan takut untuk divaksin. Karena ini demi kebaikan kita bersama. Dengan adanya vaksin Covid-19 ini tentu menjadi harapan kita bersama dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Jembrana,” ujarnya.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, menjelaskan pemberian vaksin dosis kedua kepada Forkopimda dan nakes diharapkan rampung bulan ini. Sama seperti sebelumnya, untuk melaksanakan vaksinasi dosis kedua ini disediakan layanan di 12 fasilitas kesehatan. Di antaranya di 10 puskesmas yang tersebar di 5 kecamatan se-Jembrana, di RSUD Negara, dan di Klinik Kesehatan Polres Jembrana.

“Untuk jumlah nakes yang divaksin hari ini (hari pertama vaksinasi dosis kedua), kita targetkan sama dengan sasaran  pada pelaksanaan vaksinasi hari pertama memulai vaksinasi Januari lalu, berjumlah 502 nakes. Semoga pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan lancar. Sehingga target vaksinasi semua nakes yang jumlahnya 1.759 orang, diharapkan selesai pada 20 Februari nanti,” kata Arisantha. *ode

Komentar