nusabali

Air Diduga Limbah Mengalir ke Tukad Mati

  • www.nusabali.com-air-diduga-limbah-mengalir-ke-tukad-mati

Air berwarna putih dan berbusa yang mengalir ke muara Tukad Mati, Kuta, tampak di layar CCTV Pemkab Badung.

MANGUPURA, NusaBali

Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Badung menemukan adanya aliran air berwarna putih berbusa mengalir ke Tukad Mati, Kuta. Disinyalir air yang mengalir ke Tukad Mati ini adalah sejenis limbah cair. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Badung masih melakukan penelusuran asal muasal cairan yang diduga limbah tersebut.

Kepala Dinas BMP Badung IB Surya Suamba mengatakan, temuan aliran air diduga limbah pada Minggu (20/11). “Kami temukan ini dari CCTV. Ada aliran diduga limbah ke Tukad Mati di Jalan Gelora Samudra Kuta,” katanya, Senin (21/11).

Menurut Surya Suamba, aliran air yang diduga limbah berasal dari drainase dari arah barat. Dari alurnya, aliran pada drainase itu berasal dari kawasan Jalan Bakung Sari dan sekitarnya. Meski demikian, pihaknya belum berani menyimpulkan apakah aliran yang keluar itu limbah cair atau bukan.

Guna memastikannya, menurut Surya Suamba, pihaknya telah berkoordinasi dengan BLH Badung supaya diambil lagkah-langkah penanganan. “Kami sudah berkoordinasi dengan BLH, mudah-mudahan dapat terdeteksi dari mana sumbernya,” tandasnya.

Sementra Kepala BLH Badung I Ketut Sudarsana mengaku sudah menindaklanjuti temuan Dinas BMP ini. Pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pengecekan ke lapangan, Senin kemarin. “Tadi (kemarin) tim kami sudah turun, mencari sumber pembuang limbah ke drainase,” akunya. Meski begitu, pihaknya mengalami kendala karena belum bisa masuk ke drainase. “Mudah-mudahan bersama dengan Dinas Bina Marga, bisa membuka drainase paling tidak di dua titik untuk mencari sumber pembuang limbahnya,” kata Sudarsana.

Pihaknya tak nenampik bila kerap menemukan perusahaan yang membuang limbahnya ke drainase. “Dulu kami temukan perusahaan sablon yang membuang limbahnya ke drainase. Tapi usaha tersebut saat ini telah tutup,” ungkapnya.

Atas temuan ini, pihaknya berjanji akan bekerja maksimal untuk mencari sumber limbah tersebut. Jika terbukti ada pihak yang dengan sengaja membuang limbahnya ke saluran drainase, akan ditindak sesuai ketentuan. * asa

Komentar