nusabali

Satu Petugas AP I Donor Plasma Konvalesen

7 Lainnya Ditunda Lantaran Kondisi Belum Fit

  • www.nusabali.com-satu-petugas-ap-i-donor-plasma-konvalesen

MANGUPURA, NusaBali
Satu orang penyitas Covid-19, yang bekerja di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, melakukan donor plasma konvalesen di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Senin (8/2).

Proses donor plasma konvalesen, bagian dari program ‘Plasma BUMN untuk Indonesia’. Diharapkan dengan adanya donor plasma tersebut, bisa menekan tingkat kematian pada penderita Covid-19.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry AY Sikado, mengatakan proses donor plasma konvalesen dilakukan di Unit Transfusi Darah PMI Cabang Sanglah Denpasar, pada Senin pagi. Penyitas yang berhasil melakukan donor plasma konvalesen, itu telah melewati berbagai rangkaian pemeriksaan, sejak Sabtu (6/2) hingga proses pendonoran dilakukan. Penyitas Covid-19, dinyatakan sehat dan imun tubuhnya kuat.

“Tentunya donor plasma ini melalui beberapa screening untuk memastikanyang akan melakukan donor plasma konvalesen sehat memiliki imun yang baik. Sehingga berhasil melakukan donor plasma konvalesen,” kata Herry, Selasa (9/2).

Herry mengatakan, sejatinya ada 8 orang penyitas yang bekerja di Bandara Ngurah Rai, yang siap memberikan donor plasma konvalesen. Namun, 7 orang lainnya gagal dalam tahap screening dan proses pendonoran plasma ditunda hingga imun tubuh mereka naik atau kondisi mereka siap. “Ini tahap awal donor plasma yang dapat kami berikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk penyintas Covid-19 yang gagal karena kondisi tubuhnya belum baik, akan kita usulkan lagi ke depannya. Sehingga, mereka juga benar-benar sehat dan memiliki imun yang baik setelah donor plasma itu,” kata Herry.

Dia menambahkan, donor plasma konvalesen yang dilakukan bagian dari program BUMN, dalam menekan resiko kematian akibat Covid-19. Melalui program tersebut para penyintas Covid-19 di Angkasa Pura I, bisa membantu penderita Covid-19 agar segera sembuh melalui donor plasma konvalesen.

Herry juga mengapresiasi respon dan niat yang baik para penyitas untuk saling peduli sesama dengan memberikan plasma tersebut. “Saya ucapkan terima kasih kepada insan Angkasa Pura I, khususnya di Bandara Ngurah Rai yang turut berpartisipasi, ini merupakan tugas mulia bisa menyelamatkan nyawa manusia, saya sangat apresiasi,” tandas Herry. *dar

Komentar