nusabali

Calon Perbekel di Badung Mulai Kampanye Secara Daring

  • www.nusabali.com-calon-perbekel-di-badung-mulai-kampanye-secara-daring

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 110 orang calon perbekel dari 34 desa di Kabupaten Badung yang melakukan Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak, memulai kampanye secara daring pada 1-3 Februari 2021.

Kampanye daring ini dilakukan sebagai langkah untuk mengurangi kerumunan dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Badung, Komang Budhi Argawa menjelaskan, selama kampanye daring masing-masing desa yang melaksanakan Pilkel wajib menggelar panel secara daring sebanyak satu kali. Semua calon berkumpul dalam satu tempat untuk panel daring. Panel dilaksanakan di kantor desa masing-masing oleh panitia pemilihan tingkat desa.

“Panel secara daring tergantung kesepakatan desa. Bisa pakai google meeting, zoom, atau media sosial. Yang jelas secara virtual, gimana caranya biar masyarakat tahu. Silakan desa yang mengatur,” ujar Budhi Argawa didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes), AA Bagus Mahaputra, Senin (1/2).

Panel daring bisa dipilih waktunya antara tanggal 1-3 Februari 2021. Setelah menentukan hari untuk panel daring, selanjutnya sisa waktu kampanye bisa dilakukan secara pribadi oleh calon melalui media sosial atau media cetak dan elektronik. Budhi Argawa menegaskan, Pilkel kali ini tidak boleh ada kerumunan.

“Sesuai kesepakatan antara panitia perbekel dan para calon, setelah panel daring, untuk selanjutnya kampanye bisa dilakukan melalui media cetak atau media sosial. Katakanlah si calon dari rumah kampanye lewat medsos, silakan. Intinya tidak ada kerumunan lagi,” tegasnya. Budhi Argawa menambahkan, pilkel yang dilakukan secara daring ini merupakan langkah menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini kasus terus bertambah. Penerapan prokes secara ketat menjadi perhatian pimpinan Kabupaten Badung.

Setelah melalui proses kampanye selama tiga hari, selanjutnya pemungutan suara akan dilaksanakan pada 7 Februari 2021 mendatang. Menurut Budhi Argawa, sudah disediakan sebanyak 411 TPS, karena sesuai Surat Edaran Mendagri, satu TPS maksimal 500 pemilih. *ind

Komentar