nusabali

Vaksinasi Covid-19 di Jembrana Dipercepat

  • www.nusabali.com-vaksinasi-covid-19-di-jembrana-dipercepat

Kick off vaksinasi di Jembrana dimajukan empat hari lebih cepat dari jadwal semula karena vaksin tahap pertama sejumlah 3.720 vial sudah mendarat di kabupaten ujung barat Pulau Dewata ini.

NEGARA, NusaBali
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jembrana, Bali, dipercepat dari semula tanggal 2 Februari menjadi tanggal 29 Januari. "Vaksinasi akan dilakukan di Lantai III Poliklinik RSU Negara. Percepatan vaksinasi ini sudah mendapatkan izin dan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, saat memantau kedatangan vaksin Covid-19, di Negara, Jembrana, Selasa (26/1/2021).

Ia mengatakan, yang pertama akan divaksin adalan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah termasuk dirinya dan tokoh agama. Selain itu. tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 juga akan mendapatkan prioritas vaksinasi tahap pertama ini. "Kami dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah siap menjadi yang pertama menerima vaksin. Hal itu untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut aman," katanya.

Pihaknya berharap vaksinasi hingga ke tingkat masyarakat akan berjalan aman dan lancar, karena vaksinasi ini menjadi kunci pencegahan Covid-19, khususnya di Kabupaten Jembrana.  Saat menerima kedatangan vaksin tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, mengatakan, pada tahap pertama ini Jembrana mendapatkan alokasi 3.720 vial vaksin. "Jumlah itu tentu jauh dari mencukupi, sehingga kami terus berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali agar mendapatkan alokasi kembali pada pengiriman selanjutnya," katanya.

Menurutnya, tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksinasi sebanyak 1.765 orang, yang diharapkan selesai pada bulan Februari. Untuk mempercepat vaksinasi, ia mengungkapkan, selain menyiapkan petugas, lokasi juga disebar di sejumlah Puskesmas, sehingga tidak hanya tersentral di RSU Negara. "Sebelum mendapatkan vaksin, kami akan melihat dulu kondisinya untuk memastikan yang bersangkutan sehat dan layak mendapatkan vaksin," katanya.

Vaksin yang datang tersebut disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Jembrana, dan mendapatkan penjagaan ketat dari aparat kepolisian dan TNI. Dalam pengawalan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali sampai Kabupaten Jembrana, Kapolres Ajun Komisaris Besar I Ketut Gede Adi Wibawa memimpin langsung pengamanan. Saat sampai di gudang farmasi disambut Bupati I Putu Artha danKomandan Kodim 1617 Jembrana Letnan Kolonel Infanteri. Hasrifuddin Haruna.*ant

loading...

Komentar