nusabali

Penyelam Hilang saat Memburu Ikan di Perairan Buleleng

  • www.nusabali.com-penyelam-hilang-saat-memburu-ikan-di-perairan-buleleng

Satu orang yang melakukan spear fishing di Pemuteran belum ditemukan. Pencarian dihentikan pada Selasa petang dan akan dilanjutkan Rabu pagi. 

SINGARAJA, NusaBali
Warga Banjar Dinas Loka Segara, Pemuteran dikabarkan hilang saat melakukan spear fishing. Korban atas nama I Kadek Astawan, 30, pergi melaut bersama lima  rekan lainnya, Selasa (26/1/2021). 

Enam orang ini sudah bergerak melaut sejak pukul 07.00 Wita menggunakan perahu. Bukan sekadar mencari ikan, namun pencarian ikan yang dilakukan dilakukan dengan cara menyelam atau spear fishing. Namun saat Astawan turun ke dalam air, dia tak kunjung muncul di permukaan. Bahkan ditunggu sampai dengan pukul 13.00 Wita Astawan tak juga terlihat.

Hilangnya Astawan itu pun dilaporkan kepada Badan Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali). "Kami terima laporan jam 16.10 Wita dari Perbekel Pemuteran dan segera menggerakkan 6 personel dari Pos SAR Buleleng," terang Kepala Kantor Basaras Bali, Gede Darmada.

Dari informasi pelapor diketahui bahwa perahu mereka merapat di rumpon depan hotel Taman Sari Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng sebelum berenang mencari ikan. Tim melakukan pencarian menggunakan RIB dengan fokus penyisiran di seputaran rumpon, yakni koordinat 8° 3.920'S - 114° 39.077'E. Unsur SAR gabungan yang terlibat dalam upaya pencarian di antaranya Basarnas Bali, BPBD Kabupaten Buleleng, Pos TNI AL Celukan Bawang, Polair Celukan Bawang, pihak keluarga dan Nelayan setempat. 

Sayangnya, hingga dengan pukul 18.52 Wita target belum berhasil ditemukan dan operasi SAR terpaksa dihentikan. "Pencarian kami hentikan karena terlalu berisiko, dihadapkan pada jarak pandang terbatas dan cuaca mulai hujan, sehingga diputuskan melanjutkan pergerakan SRU besok pagi," kata  Darmada.*tim

Komentar