nusabali

Rapid Test Antigen Susulan, 2 Reaktif

Perkembangan Kasus Covid-19 di Desa Pejeng Kangin

  • www.nusabali.com-rapid-test-antigen-susulan-2-reaktif

GIANYAR, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Gianyar melakukan rapid test antigen susulan di Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Senin (81/1).

Dari 168 warga yang mengikuti rapid test antigen, 2 orang reaktif. Plt Kepala Diskes Gianyar dr Ida Komang Upeksa mengatakan rapid test antigen susulan digelar karena masih ada warga yang tidak mengikuti rapid test pada Kamis (14/1) lalu. "Rapid tes antigen pertama, terdapat beberapa warga berhalangan hadir, makanya hari ini (kemarin,Red) kami adakan tes lagi," ujarnya.

Jelasnya, 168 warga mengikuti rapid test antigen, dua diantaranya dinyatakan reaktif rapid test antigen. Warga yang reaktif rapid test antigen akan diswab test di Rumah Sakit Payangan, Selasa (19/1). "Karantina dilakukan mandiri di rumahnya," ungkapnya.

Awalnya, 200-an warga dijadwalkan mengikuti rapid test antigen susulan ini. Namun 62 warga tidak hadir karena bekerja dan tinggal di luar wilayah Desa Pejeng Kangin. Terkait hasil rapid antigen pertama dengan hasil 9 orang reaktif, ternyata seluruhnya positif Covid-19. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Penindakan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2) Diskes Gianyar Anak Agung Anom Sukamawa, saat dikonfirmasi terpisah. "Ya, (9 orang tersebut positif Covid-19,Red). Sudah di karantina di Suly Resort, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, 30 warga Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, positif terkonfirmasi virus Covid-19. Mereka terdiri dari dua orang dirawat di rumah sakit, 28 orang menjalani karantina. Dari 28 warga yang menjalani karantina hotel, sebanyak 13 orang saat diuji swab lanjutan, hasilnya negatif. 30 kasus konfirmasi positif ini termasuk klaster keluarga. Tersebar di 4 rumah yang terdiri dari 15 KK. *nvi

loading...

Komentar