nusabali

Sekar Emas Pura Pemaksan di Desa Lebih Digondol Maling

  • www.nusabali.com-sekar-emas-pura-pemaksan-di-desa-lebih-digondol-maling

GIANYAR, NusaBali
Kasus pencurian di areal pura kembali terjadi di wilayah Kabupaten Gianyar.

Kali ini terjadi di Pura Bendesa Manik Mas Batan Tingkih, Banjar Kesian, Desa Lebih, Kecamatan/Kabupaten Gianyar. Sejumlah sekar emas di pura pemaksan ini baru diketahui hilang pada Senin (11/1).

Polsek Kota Gianyar masih menyelidiki pencurian pratima yang kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 75 juta tersebut.

Kapolsek Gianyar Kompol IGN Yudistira saat dikonfirmasi pada Selasa (12/1), membenarkan ada peristiwa pencurian pratima tersebut. Hilangnya pratima ini diketahui pada Senin (11/1) sekitar pukul 07.45 Wita. Krama melapor bahwa ada pencurian di pura dengan cara mendobrak atau merusak pintu tempat penyimpanan pratima di Pura Bendesa Manik Mas Batan Tingkih, Banjar Kesian, Desa Lebih. Atas kejadian tersebut pangempon pura mengalami kerugian sebesar Rp 75 juta.

Diduga pelaku mengambil pratima tersebut dengan cara mendobrak dan  merusak pintu tempat penyimpanan pratima. Pelaku diperkirakan  melangsungkan aksinya pada malam hari. Sedangkan benda yang hilang dan berhasil dibawa oleh pelaku adalah satu pasang pratima lempengan berbahan tembaga dan 10 buah bunga emas.

“Anggota masih proses penyelidikan, itu TKP merupakan pura sungsungan dari keluarga atau pura pemaksan, bukan Pura Kahyangan Tiga. Untuk menjaga keamanan pada pura yang ada di desa sekitar, kami sudah arahkan untuk intensifkan pakemitan oleh krama, selain dari pihak kepolisian juga melakukan patroli,” kata Kompol Yudistira.

Kompol Yudistira mengemukakan pihaknya sudah ekstra melakukan patroli wilayah. Baik mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat maupun terkait penerapan protokol kesehatan. Namun pelaku kejahatan memiliki celah dan membaca situasi dan keadaan wilayah yang menjadi sasarannya.

“Oleh sebab itu kami sarankan untuk tingkatkan pakemitan. Padahal kami di kepolisian sudah secara ekstra patroli keliling baik siang maupun malam, tapi tetap saja ada celah bagi pelaku kejahatan melangsungkan aksinya. Untuk itu kita harus tetap waspada kapan dan di mana pun itu,” ucap Kompol Yudistira. *nvi

Komentar