nusabali

Disdik Tunda Pembelajaran Tatap Muka

  • www.nusabali.com-disdik-tunda-pembelajaran-tatap-muka

Karena PTM ditunda akibat pandemi, maka sistem pembelajaran tahun 2021, sama dengan tahun 2020 atau masih dengan daring.

GIANYAR, NusaBali

Tren kasus konfirmasi positif covid-19 di Gianyar terus meningkat hingga maish berstatus zone merah. Salah satu dampak, rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang telah disimulasikan oleh beberapa sekolah, terpaksa ditunda.

Sesuai rencana awal, PTM semi daring atau setengah kelas akan dimulai Januari 2021. Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra mengatakan penundaan ini berdasarkan perintah lisan Bupati Gianyar. Perintah tersebut selanjutnya dituangkan dalam surat edaran yang ditandatangani Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya.  "Secara nasional PTM ini sebagian besar ditunda. Surat bupati juga meminta dilakukan penundaan PTM," jelasnya, Senin (4/12).

Penundaan PTM, kata Sadra, belum ditetapkan sampai kapan. Menurutnya, PTM ditunda sampai menunggu penurunan kasus Covid-19. "Kami tidak tahu sampai kapan pandemi ini reda. Penundaan PTM  ini seluruh Indonesia hasil rakornas demikian," ungkap pejabat eselon II asal Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini.

Sementara pemberian kuota internet gratis untuk siswa masih tetap berjalan sama seperti tahun sebelumnya. "Sekolah sudah mempersiapakan semuanya. Jadi seandainya nanti tidak ada kuota gratis dari pusat, pihak sekolah telah mempersiapkannya dari dana BOS (biaya operasional sekolah)," ujarnya.

Kata Sadra, kuota dari dana BOS tersebut untuk siswa SD dan SMP. "Setiap sekolah berbeda-beda tergantung anggarannya, ada Rp 40.000, ada Rp 30.000, tergantung dana BOS di sekolah," jelasnya.

Ditegaskan, karena PTM ditunda akibat pandemi, maka sistem pembelajaran tahun 2021, sama dengan tahun 2020 atau masih dengan daring. "Sistem daring seperti dari awal, nanti saya juga turunkan surat edaran sesuai petunjuk pak bupati," ujarnya.*nvi

Komentar