nusabali

Nusa Penida Potesial Jadi Sport Tourism

  • www.nusabali.com-nusa-penida-potesial-jadi-sport-tourism

SEMARAPURA, NusaBali
Kecamatan Nusa Penida, Klungkung memiliki pemandangan laut indah dan spot diving menawan dan terkenal hingga ke mancanegara.

Dengan potensi itu, maka Klungkung melalui kepulauan ini optimis menjadi lokasi kejuaraan olahraga selam berkonsep sport tourism. Sejumlah spot diving di Nusa Penida yakni di Lembongan Bay, Blue Corner, Manggrove, Ceningan Wall, Toya Pakeh Point, Gamat Bay, Manta point, Secret Manta, dan Batu Abah. Rencana spot tourism ini mencuat menyusul dengan penambahan salah satu cabang olahraga (cabor) di Klungkung, Cabor Selam, dibawah organisasi Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendukung ide tersebut. "Saya berkomitmen mendukung penuh pengembangan olahraga di Kabupaten Klungkung," tegasnya, saat ditemui Jumat (1/1). Dia mengakui Klungkung memiliki potensi alam laut luar biasa indah yang bisa dikembangkan. Tidak hanya untuk pariwisata, namun olahraga. Bahkan, bupati mengaku sangat tertarik dengan konsep sport tourism. "Karena selain berolahraga, peserta juga akan berwisata menikmati keindahan alam laut Nusa Penida," katanya.

Hal itu sempat ditegaskan kepada pengurus POSSI baik provinsi maupun kabupaten, saat POSSI menggelar audiensi di rumah dinas Bupati Suwirta, Kamis (31/12/2020).

Bupati mempersilahkan untuk menggelar event baik di nomor kolam maupun laut. Dengan menggelar event olah raga, POSSI Klungkung juga otomatis akan membantu promosi pariwisata. "Silakan konsep kejuaraan yang akan digelar, dan sampaikan apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan olahraga selam ini,” ujar Bupati Suwirta.

Ketua POSSI Provinsi Bali Bagus Partha Wijaya mengatakan Klungkung kini telah memiliki cabang olahraga baru yakni Selam, dibawah POSSI. Pelantikan pengurus POSSI telah dilakukan pada Rabu (30/12/2020) di Sekretariat KONI Klungkung. "Olahraga Selam telah resmi di Bali sejak 2016 dan Bali telah mampu menempati peringkat tiga nasional," ujarnya saat audiensi tersebut.

Lebih lanjut Bagus Partha Wijaya menjelaskan, Cabor Selam memiliki dua nomor yakni kolam dan laut. Untuk kolam, Klungkung telah mempunyai Kolam Srinadi yang sudah memadai untuk menggelar kejuaraaan. Untuk lautnya, Klungkung memiliki spot selam yang sangat luar biasa.

Audiensi dihadiri, Ketua Umum KONI Klungkung terpilih I Wayan Subamia, Ketua Umum POSSI Pengkab Klungkung, Arya Jimbawan dan lainnya. *wan

Komentar