nusabali

Obati Kangen Napi, Rutan Negara Sediakan Layanan Video Call

  • www.nusabali.com-obati-kangen-napi-rutan-negara-sediakan-layanan-video-call

NEGARA, NusaBali
Selama masa pandemi Covid-19, pihak Rutan Kelas II Negara di Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, meniadakan jam besuk.

Namun untuk mengobati rasa kangen para penghuni rutan terhadap keluarganya, rutan setempat menyediakan layanan video call. Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Negara, I Nyoman Tulus Sedeng, Rabu (30/12), mengatakan, layanan video call itu, sudah disiapkan sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret 2020 lalu. Ada 3 perangkat komputer dilengkapi webcam yang disediakan untuk layanan video call itu. “Ada tiga komputer. Dua komputer kita siapkan untuk warga binaan untuk di blok laki-laki, dan satu komputer untuk di blok perempuan,” ujarnya.

Menurut Tulus, layanan video call itu, diberikan secara gratis. Layanan tersebut, dibuka sesuai dua kali jam besuk pada hari normal. Yakni pukul 08.30 Wita sampai pukul 11.15 Wita, dan pukul  13.30 Wita sampai pukul 15.00 Wita. “Memang sesuai aturan dari Pusat, kita diminta meniadakan jam besok, dan diganti video call. Jadi kita sediakan layanan video call itu,” ucapnya.

Penghuni yang diberikan memanfaatkan layanan video call itu, kata Tulus, adalah penghuni rutan yang mengikuti pembinaan dengan baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran. Teknisnya, sambungan layanan video call yang disediakan di rutan itu hanya bisa untuk menghubungi, dan tidak bisa untuk dihubungi.

“Durasi menghubungi sebenarnya, tidak ada batasan. Tetapi biasanya, yang video call, biasa paling lama hanya 10 menit. Selama video call, juga tetap kita awasi. Layanan itu, hanya kita perbolehkan untuk menghubungi keluarga,” pungkas Tulus. *ode

Komentar