nusabali

Dua Toko di Taman Sekar Terendam Banjir

  • www.nusabali.com-dua-toko-di-taman-sekar-terendam-banjir

Air yang tergenang setinggi betis orang dewasa. Air got yang meluap juga meluber ke jalan hingga arus lalulintas padat merayap.

TABANAN, NusaBali

Dua unit toko di Banjar Taman Sekar, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan terendam banjir, Kamis (10/11) petang. Akibatnya, dua toko itu tutup lebih awal dari hari biasanya. Air hujan meluap dan menggenangi pertokoan menuju pintu masuk BTN Taman Sekar itu akibat gorong-gorong tersumbat sampah. Banjir di Taman Sekar juga mengakibatkan arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani Kediri padat merayap.

Sumber di lapangan menduga, air yang meluap ke jalan akibat pengerukan gorong-gorong di barat ruko eks Bank Mandiri. Di barat pertokoan itu yang merupakan tanah lebah (rendah) rencana dibangun Tabanan Town Square. Di lokasi proyek itu ada gorong-gorong yang kerap tersumbat dan memicu sampah. Sebelumnya, perumahan BTN Taman Sekar sering terisolir akibat jalan masuk terendam banjir. “Pengerukan tanah belum selesai sehingga air tambah deras ke jalan hingga menyebabkan dua toko terendam banjir,” ungkap sumber yang enggan dikorankan namanya.

Sumber ini menambahkan, got di tanah lebah itu dikeruk untuk memperlancar saluran air. Sebab nantinya gorong-gorong itu diperlebar dengan pemasangan box culvert. Namun pekerjaan belum selesai, hujan langganan mengguyur kawasan kota Tabanan dan sekitarnya. Sehingga air meluap dan meluber ke jalan. “Pengerukan sudah sejak sebulan, namun belum rampung,” imbuhnya. Warga perumahan Taman Sekar, I Gusti Nyoman Adi Wijaya, 57, mengatakan, air got meluap ke jalan sekitar pukul 19.00 Wita. “Dua unit toko tergenang bahkan air sampai masuk ke dalam toko,” ungkap Gusti Adi Wijaya.

Ditambahkan, selain tergenang di halaman pertokoan, air juga meluber ke pintu masuk Perumahan Taman Sekar. Tinggi air di pintu masuk perumahan BTN Taman Sekar sekitar mata kaki orang dewasa. Dikatakan, jika got ini tidak tersumbat, pengerukan lancar, air got diyakni lancar menuju sungai di sebelah timur. “Air meluap ke jalan cukup deras, pengendara motor tampak ekstra hati-hati agar tak terjatuh,” imbuhnya. Ia pun berharap hujan tak turun lagi air air di jalan cepat surut.

Salah seorang karyawan toko, Agus, 24, mengatakan hujan lebat sejak pukul 15.00 Wita. Pada pukul 19.00 Wita di areal parkir toko airnya menggenang mencapai betis orang dewasa. “Airnya sampai masuk ke toko,” jelas Agus. Diakui, barang-barang tak ada yang basah.  cr61

Komentar