nusabali

Dari Arsitektur Konsisten Bermusik

  • www.nusabali.com-dari-arsitektur-konsisten-bermusik

SINGARAJA, NusaBali
GEDE Kurniawan, sosok musisi berbasis disiplin ilmu Arsitektur. Dia lulusan Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur tahun 2007.

Namun dia lebih memantapkan diri berkarir dalam dunia musik. Sebagai anak tunggal yang memang terahir dari ibu seorang penyanyi dan ayah seorang pemain musik, telah mengakrabkan Kurniawan pada musik sejak kecil. Bahkan dia sudah mulai bermain gitar sejak kelas V SD. Kegemarannya akan musik semakin tumbuh hingga ke jenjang remaja dengan membentuk grup band sekolah. Berbagai festival dan lomba musik pun diikutinya. Pengalaman menempa Gede Kurniawan menjadi sosok musisi yang semakin matang. Hingga pada tahun 2004 silam dia memutuskan untuk ikut lomba tingkat nasional dengan mengirimkan satu lagu ciptaannya berjudul Selangkah Lagi. Lagu itu pun mengantarkannya pada puncak kejayaan dan menjadi pemenang pada AFI 2004. Lagu ciptaannya sempat dikontrak sebagai theme song saat babak final.

Kejayaan Gede Kurniawan sebagai penyanyi papan atas di kancah nasional dimanfaatkannya untuk mendirikan studio musik Demores pada tahun 2004 silam. Dia tetap menuntaskan pendidikannya sebagai sarjana arsitektur meskipun dia sudah memantapkan hati untuk menjadi pengusaha di bidang permusikan.

Kegigihannya membangun citra membuatnya bertahan dan layak diperhitungkan. Sejak menang AFI, Gede Kurniawan banyak dilirik oleh musisi ternama asal Bali. Seperti Dewa Budhaja, Gus Teja dan lain-lain. Hingga pada tahun 2010 silam setelah menikah dan anak pertamanya Putu Sandat Aira Kurniawan lahir mengharuskannya kembali ke Gumi Panji Sakti. Dia kemudian melanjutkan karirnya dengan mendirikan rumah rekaman pad atahun 2011 satu label dengan studio dan rental sound Demores Rumah Musik.

Pengalamannya dan kontribusinya untuk membentuk karakter musisi Buleleng membuat dia selalu diperhitungkan dalam sejumlah penjurian event musik. Kini kegemarannya dalam bermusik diwarisi anak sulungnya Putu Sandat yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Sandat beberapa kali tampil sebagai penyanyi cilik dan sedang dibentuk menjadi pianis berbakat dari Buleleng. “Ya cita-citanya ada anak saya yang suka bermusik dan kelak bisa sekolah di ISI. kalau berkarir sebagai musisi kan outputnya tak hanya sebagai artis saja, tetapi bisa jadi pengajar atau pengusaha yang bergelut di bidang permusikan,” harap gitaris grup band Akebuleleng ini. *k23

Komentar