nusabali

Klungkung Tangani Tanggul Rp 820 Juta

  • www.nusabali.com-klungkung-tangani-tanggul-rp-820-juta

SEMARAPURA, NusaBali
Abrasi pantai akibat terjangan ombak besar, beberapa waktu lalu, mengakibatkan sejumlah tanggul dan bibir pantai di kepulauan Nusa Penida, Klungkung, rusak.

Mengatasi kondisi itu, Pemkab Klungkung menyiapkan anggaran untuk memperbaiki tanggul tersebut, Rp 820 juta tahun 2021.

Anggaran ini akan dipakai untuk rehab pembangunan tanggul pantai di belakang Pura Kahyangan Jagat Batu Medau, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Tanggul ini jebol. Pagu anggaran perbaikan tersebut Rp 200 juta dengan volume panjang 8 meter dan tinggi 3,5 meter.

Perbaikan tanggul ini menjadi prioritas. Karena pangempon pura khawatir air laut terus menggerus sisa tanggul. Maka air akan merusak panyengker dan bagian belakang bangunan pura.

Selain itu, rehab pembangunan tanggul lainnya yakni kawasan pantai di Dusun Batumulapan, Desa Batunggul, Nusa Penida mencapai Rp 620 juta. Panjang tanggul yang direhab 31 meter dan tinggi 3,5 meter.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Klungkung, Komang Gede Darma Susila mengatakan penanganan tanggul itu akan dilakukan bertahap. Tahun 2021, penanganan diprioritaskan pada dua lokasi tersebut. Yakni, kerusakan tanggul terjadi di areal Pura Batu Medau dan dekat jalan serta fasilitas air di Dusun Batumulapan.

Penanganan tanggul yang sudah berjalan tahun 2020, di tiga lokasi. Yakni, di wilayah Nusa Penusa yaitu di Dusun Ceningan sepanjang 28,5 meter dengan pagu anggaran Rp 800 juta, di Pantai Cristalbay Rp 200, sepanjang 10 meter, dan di Dusun Semaya, sepanjang 12 meter dengan pagu dana  Rp 200 juta. "Total anggaran penanganan tanggul, Rp 1,2 miliar," ujar Darma Susila.

Sebelumnya, tanggul pantai di belakang Pura Kahyangan Jagat Batu Medau, Kecamatan Nusa Penida, jebol, sepanjang 5 meter. Kondisi ini mendapat perhatian Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, usai persembahyangan pujawali di Pura Kahyangan Jagat Batu Medau, Rabu (21/10). *wan

Komentar