nusabali

Rapid Test, 720 KPPS dan Petugas Ketertiban di Badung Reaktif

  • www.nusabali.com-rapid-test-720-kpps-dan-petugas-ketertiban-di-badung-reaktif

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 8.964 orang yang terdiri dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Ketertiban untuk Pilkada Badung, 9 Desember 2020 sudah menjalani rapid test dari tanggal 17-20 November 2020 lalu.

Hasilnya sebanyak 720 petugas dinyatakan reaktif. "Terdapat 720 yang hasilnya reaktif dari 8.964 petugas KPPS dan Petugas Ketertiban yang telah dirapid tanggal 17-20 November 2020 di Badung," ungkap Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Minggu (22/11).

Menurut Kayun, sapaan akrabnya, petugas KPPS dan Petugas Ketertiban yang dinyatakan reaktif langsung dilakukan swab di Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada Kabupaten Badung. "Sesuai standard operasional prosedur (SOP) kesehatan langsung dilakukan tes swab dan kita mengikuti SOP itu," tegasnya.

"Tes swab sendiri langsung dilakukan oleh Dinas Kesehatan Badung. Mengenai hasilnya akan kita umumkan nanti," tandas Kayun. Pria asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal ini menyatakan apabila hasilnya sudah negatif, tetap dipertahankan dengan catatan selama belum tanggal 6 Desember 2020. Namun kalau hasilnya positif, maka akan dicarikan pengganti dengan KPPS yang baru.

Disinggung bagaimana sistem penggantiannya bagi yang positif, sementara waktunya sudah mepet? “Ya makanya kami agendakan pelaksanaan rapid test lebih awal untuk antisipasi waktu supaya tidak mepet. Kami menargetkan tanggal 25 November 2020 ini sudah clear,” kata Kayun. *asa

Komentar