nusabali

184 Napi LP Kerobokan yang Positif Covid-19 Sembuh

  • www.nusabali.com-184-napi-lp-kerobokan-yang-positif-covid-19-sembuh

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 184 dari 185 orang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, akhirnya berhasil sembuh.

Tercatat sampai sekarang hanya tinggal satu napi yang masih mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakti (RS). Sementara terhadap napi yang sembuh langsung dikembalikan ke blok masing-masing.

Humas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali, I Putu Surya Dharma, mengatakan setelah menjalani serangkaian isolasi mandiri terhadap 184 narapidana di LP Kerobokan, akhirnya pada Sabtu (14/11) siang sudah dinyatakan bebas dari Covid-19. Hal ini setelah pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung melakukan pemeriksaan swab terhadap ratusan narapidana yang sudah menjalani isolasi.

“Total keseluruhan yang positif itu ada 185 Napi, setelah serangkaian proses isolasi, 184 dinyatakan sudah negatif. Sementara 1 napi lagi menjalani penanganan medis, yaitu di opname di RS karena kondisinya drop,” beber Surya Dharma, Sabtu malam.

Menurut dia, setelah dipastikan seluruh narapidana yang positif covid-19 dan menjalani isolasi, akhirnya mereka dikembalikan ke wisma masing-masing. Sehingga, proses isolasi yang sebelumnya menggunakan ruangan Aula dan Wisma Kuta sudah kembali difungsikan seperti sediakala. “Semua napi sudah menggunakan wisma masing-masing. Jadi, yang sudah sembuh itu sudah beraktivitas seperti biasa di blok mereka. Namun, tetap dalam pengawasan petugas kesehatan,” beber Surya Dharma.

Mencuatnya 185 napi positif Covid-19 yang mendekam di LP Kelas II A Kerobokan itu berawal dari rapid test massal yang digelar pada 19-21 Oktober 2020 lalu. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan rapid test, tercatat ada 627 napi yang dinyatakan reaktif dari total keseluruhan 1.294 napi. Selanjutnya mereka jalani uji swab dan 185 orang napi dinyatakan positif Covid-19.

Sementara setelah beberapa hari penambahan kasus harian (kasus baru) positif Covid-19 di Bali mendominasi, kini kasus sembuh kembali lebih besar dari kasus baru. Per Sabtu kemarin kasus baru bertambah sebanyak 48 orang. Sementara kasus sembuh bertambah sebanyak 61 orang, dan nihil penambahan kasus meninggal.

Mengutip data dari website infocorona.baliprov.go.id, hingga saat ini jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Bali mencapai 12.631 orang (12.600 WNI dan 31 WNA). Sedangkan kasus sembuh menjadi 11.616 orang (11.589 WNI dan 27 WNA). Jika dipresentasikan, kasus sembuh kini mencapai 91,96 persen dari total 12.631 kasus positif. Sementara kasus meninggal kemarin dilaporkan nihil sehingga total kasus meninggal masih tetap 404 orang (401 WNI dan 3 WNA). *dar, ind

Komentar