nusabali

Klopp Gusar Penalti Lawan

Liverpool Susah Payah Atasi Sheffield

  • www.nusabali.com-klopp-gusar-penalti-lawan

Wasit Mike Dean menghadiahi Sheffield penalti. Dia menaikkan hukuman dari tendangan bebas, setelah berkonsultasi dengan VAR atas insiden yang melibatkan Fabinho dan Oliver McBurnie.

LIVERPOOL, NusaBali

Liverpool susah payah mengamankan tiga poin saat menaklukkan Sheffield United 2-1, dalam laga pekan keenam Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (25/10) dinihari Wita. Penalti Sander Berge membuat Liverpool tertinggal. Namun tim asuhan Juergen Klopp itu membalik keadaan berkat gol dari Roberto Firmino dan Diogo Jota.

Laga itu jadi kemenangan perdana Liverpool di Liga Inggris tanpa Virgil van Dijk, yang cedera lutut setelah tak pernah absen dalam 94 laga beruntun. Tambahan tiga poin membuat Liverpool naik ke urutan kedua klasemen, menempel ketat rival sekotanya Everton, dengan sama-sama meraih 13 poin dan hanya kalah selisih gol.

Sedangkan bagi Sheffield, hasil itu memperpanjang permulaan musim buruk yang melewatkan enam laga tanpa kemenangan dan hanya memiliki satu poin untuk di urutan ke-19 klasemen.

Meski menang, manajer Liverpool Juergen Klopp melontarkan protes atas tendangan penalti untuk Sheffield United. Wasit Mike Dean menghadiahi Sheffield penalti pada menit ke-13. Dean menaikkan hukumannya dari tendangan bebas setelah berkonsultasi dengan VAR atas insiden yang melibatkan Fabinho dan Oliver McBurnie di tepian kotak penalti Liverpool.

"Bukan pelanggaran. Sekarang sudah pertandingan keenam musim ini, tiga di antaranya kami berada di sisi yang dirugikan dari keputusan semacam ini," kata Klopp, di laman Liverpool, Minggu.

Protes itu seperti kelanjutan rajukan Klopp atas keputusan VAR yang menganulir gol Jordan Henderson di Derby Merseyside pekan lalu. Juga pengabaian VAR dan FA atas jegalan kiper Everton Jordan Pickford yang membuat Virgil van Dijk naik meja operasi karena cedera lutut dan terancam absen hingga akhir musim.

Klopp mengakui timnya sedikit kehilangan kesabaran akibat gol itu, beruntung determinasi para pemain Liverpool berujung gol perdana Roberto Firmino di Liga Inggris musim ini empat menit jelang turun minum untuk menyamakan kedudukan.

"Lantas kami mengawali babak kedua, memperbaiki sejumlah hal dan tampil lebih baik kemudian mencetak gol kedua, yang entah offside atau tidak," kata Klopp, soal gol Mohamed Salah yang dianulir VAR karena dinilai offside.

"Yang jelas Mo punya peluang bagus dan memanfaatkannya dengan baik," ujar pelatih asal Jerman itu. Selanjutnya pada Sabtu (31/10), Liverpool akan menjamu West Ham United dan Sheffield menyambut Manchester City di Bramall Lane. Namun, Liverpool lebih dulu tampil pada lanjutan laga Grup D Liga Champions melawan wakil Denmark FC Midtjylland di Anfield pada Selasa (27/10). *ant

Komentar