nusabali

Bakar Sampah, Api Nyaris Hanguskan Pasar Senggol Kuta

  • www.nusabali.com-bakar-sampah-api-nyaris-hanguskan-pasar-senggol-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Pembakaran sampah di sebuah lahan kosong dekat Pasar Senggol Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, Jumat (23/10) siang nyaris menjalar ke bangunan serta sejumlah lapak pedagang yang ada di Pasar Senggol Kuta.

Beruntung, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Badung tiba tepat waktu di lokasi dan melakukan pemadaman. Dalam penanganan api itu, petugas mengerahkan dua unit mobil pemadam ke lokasi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung, I Wayan Wirya, menerangkan insiden kebakaran itu berasal dari seseorang yang membakar tumpukan sampah yang ada di lahan seluas 5 are di Jalan Kubu Anyar Desa/Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta pada, Jumat pukul 10.38 Wita. Dalam laporan warga itu, api secara tiba-tiba membesar dan membumbung tinggi, akibatnya masyarakat yang tinggal di seputar lokasi dan pedagang yang ada di Pasar Senggol Kuta panik lantaran melihat api yang membesar serta kepulan asap yang membumbung tinggi.

"Kejadiannya diperkirakan pukul 10.30 Wita. Sehingga, saat ada warga yang melapor, apinya sudah dalam keadaan membesar," ujar Wayan Wirya, Jumat kemarin. Diakuinya, setelah mendapat laporan, pihaknya langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi. Hal ini untuk mengantisipasi kebakaran meluas atau menjalar ke bangunan di sekitarnya. Apalagi, lanjut Wirya, terdapat lapak pedagang dan rumah warga di sekitar lokasi.

"Mengingat kebakaran itu di tengah pemukiman dan pasar, kita kerahkan personel beserta dua mobil ke lokasi. Saat tiba di lokasi pukul 11.00 Wita, api sudah membesar dan kepulan asap yang cukup tebal. Sehingga mengganggu warga sekitar," katanya seraya mengakui proses pemadaman kebakaran itu dilakukan selama satu jam penuh hingga pukul 12.00 Wita.

Kadis Damkar Wayan Wirya mengimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada saat melakukan pembakaran sampah. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian kebakaran yang bisa menjalar ke bangunan yang ada di sekitar.

Pasalnya, ada sejumlah kasus kebakaran yang bermula dari proses pembakaran sampah. "Tentu kita berharap masyarakat selalu memperhatikan kondisi sekitar. Jangan asal bakar saja, karena bisa berdampak kebakaran yang meluas nantinya," imbaunya. *dar

loading...

Komentar