nusabali

Proses PAW Rampung, Oka Winaya Dilantik 26 Oktober

  • www.nusabali.com-proses-paw-rampung-oka-winaya-dilantik-26-oktober

TABANAN, NusaBali
Proses pergantian antar waktu (PAW) anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan, I Made Edi Wirawan, yang maju sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) mendampingi Calon Bupati (Cabup) I Komang Gede Sanjaya, sudah hampir rampung.

Pengganti Edi Wirawan, yakni I Gede Oka Winaya sudah dijadwalkan untuk dilantik pada, Senin (26/10) mendatang. Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Tabanan, I Made Sugiarta, mengatakan proses PAW sudah berjalan. Tim sudah mengambil SK pemberhentian I Made Edi Wirawan dan SK PAW I Gede Oka Winaya di Pemprov Bali. “Kedua SK sudah diambil tadi (kemarin) oleh tim,” ujar Suguarta, Selasa (20/10).

Kata dia, untuk selanjutnya akan dilakukan persiapan pelantikan. Pelantikan dijadwalkanm Senin (26/10) mendatang langsung oleh Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga. “Sekarang tengah persiapan undangan, tempat dan lain-lain yang harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19,” tegasnya.

Menurut Sugiarta, ketika selesai dilantik, Gede Oka Winaya langsung bertugas hari itu juga sebagai wakil rakyat di Tabanan. Oka Winaya akan duduk di Komisi II DPRD Tabanan dari Fraksi PDIP. “Posisinya sama dengan Pak Edi, jadi setelah dilantik langsung bertugas,” kata Sugiarta. Seperti diketahui I Made Edi Wirawan direkomendasikan PDIP menjadi Cawabup mendampingi I Komang Gede Sanjaya sebagai Cabup di Pilkada Tabanan 2020. Karena Edi Wirawan menjabat anggota dewan, maka dia harus mengundurkan diri dari jabatannya itu.

Berdasarkan Pileg 2019 lalu, Oka Winaya dan Edi Wirawan masuk di Dapil IV Kediri-Marga dengan jumlah kuota 11 kursi. Saat itu PDIP berhasil lolos 8 calegnya ke DPRD Tabanan dan sisanya direbut oleh Golkar 1 kursi, Gerindra 1 kursi dan NasDem 1 kursi.

Sementara Gede Oka Winaya raihan suaranya gagal lolos dengan raihan 2.093 suara berada di peringkat 9. Dia dikalahkan oleh srikandi PDIP, Ni Luh Wayan Dewi Marheni yang memperoleh ranking 8 dengan jumlah suara 2.347. Dengan mundurnya Edi Wirawan, otomatis Gede Oka Winaya yang berhak gantikan posisinya di DPRD Tabanan dengan status PAW. Gede Oka Winaya notabene keponakan dari anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali, I Made Urip.

Oka Winaya sendiri mengawali karier politik dengan menjadi Bendahara DPD Taruna Merah Putih Provinsi Bali organisasai sayap PDIP tahun 2008. Kemudian, Oka Winaya dua kali periode menjadi Ketua Ranting PDIP Desa Tua, Marga. Selanjutnya, Oka Winaya naik menjadi Sekretaris PAC PDIP Marga sejak 2015 hingga sekarang, mendampingi I Putu Eka Putra Nurcahyadi (Ketua PAC). *des

loading...

Komentar