nusabali

Mas Sumatri Dieksekusi

  • www.nusabali.com-mas-sumatri-dieksekusi

IGA Mas Sumatri merasa yakin pemecatan dari PDIP akan membuat elektabilitas semakin naik.

Sedangkan di Pilkada Denpasar 2015, Arjaya maju berpaket dengan AA Ayu Rai Sunasri. Sementara PDIP usung paket incumbent IB Rai Dharmawijaya Mantra-IGN Jaya Negara sebagai Cawaloi-Cawawali Denpasar. Mereka akan tarung segitiga melawan satu paket calon lainnya: I Ketut Resmiyasa-IB Batu Agung Antara (diusung Gerindra-Hanura).

Sementara itu, IGA Mas Sumatri menanggapi dingin sanksi pemecatan yang dijatuhkan PDIP. Menurut Mas Sumatri, aksi pemecatan ini justru diyakini akan kian meningkatkan elektabilitas dan kapabilitasnya di mata masyarakat menuju Pilkada Karangasem 2015. Kepada NusaBali di Amlapura, Jumat kemarin, Mas Sumatri menyatakan secara resmi dirinya belum terima surat pemberhentian dari PDIP. “Saya belum terima surat seperti apa, bentuk pemberhentian saya sebagai kader PDIP,” kata Mas Sumatri saat dikonfirmasi.

Versi Mas Sumatri, legitimasi pemecatannya juga layak diragukan. Sebab, sesuai AD/ART PDIP, pemberhentian sebagai kader partai atau pemulihan nama baik sebagai kader ranahnya hanya di forum Kongres PDIP. “Lewat Kongres PDIP mestinya dilakukan pemberhentian atau mengembalikan nama baik kader, bukan melalui orang per orang. Jadi, legitimasinya ada di Kongres, karena AD/ART PDIP mengamanatkan seperti itu,” jelas Mas Sumatri, politisi yang juga Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Cabang Karangasem.

Mas Sumatri sendiri mengaku tidak merasa terganggu atas riak-riak sanksi dari PDIP ini. Dia tetap fokus untuk memenangkan kursi Bupati Karangasem 2016-2021 melalui Pilkada 2015. Mas Sumatri fokus mengincar sejarah sebagai perempuan pertama yang memimpin Karangasem. Dan, dia ingin jadi figur pertama pula asal Kecamatan Karangasem yang jadi Bupati setelah berlalunya era AA Gede Karang (Bupatiu Karangasem 1967-1979). 

Mas Sumatri merupakan mantan Ketua Fraksi PDIP DPRD Karangasem 2009-2014. Kala itu, dia lolos ke kursi legislatif dengan raihan  5.453 suara dalam pileg 2009. Sedangkan dalam Pileg 2014, Mas Sumatri kembali lolos ke kursi Fraksi PDIP DPRD Karangasem 2014-2019, dengan raihan3.824 suara, mengungguli rekan-rekan separtainya seperti I Komang Sudanta (raih 2.470 suara) dan I Nyoman Winata (raih 2.455 suara).

Komentar