nusabali

Delapan Jegeg Bagus ke Babak Final

  • www.nusabali.com-delapan-jegeg-bagus-ke-babak-final

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pariwisata Karangasem menggelar babak penyisihan Jegeg Bagus Karangasem 2020 di Wantilan Nawa Satya Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Sabtu (3/10).

Babak penyisihan diikuti 33 peserta, masing-masing 20 Bagus dan 13 Jegeg. Ada delapan pasangan lolos ke babak final. Penetapan pemenang digelar di akhir Festival Taman Sukasada Ujung, Jumat (30/10) mendatang.

Plt Kadis Pariwisata Karangasem, I Putu Arnawa, mengatakan seleksi Jegeg Bagus Karangasem 2020 tetap digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan. Seleksi diawali dengan tes tulis secara online. Hasil tes tulis digabung dengan tes wawancara, dan penampilan (catwalk), hingga menetapkan 8 pasang ke babak final. “Jelang babak final, peserta menjalani karantina selama dua minggu mulai tanggal 16-30 Oktober di Villa Taman Surgawi Ujung,” ungkap Putu Arnawa.

Dari delapan pasang itu, di babak final mengerucut jadi lima besar dan tiga besar. Kemjudian menetapkan juara I, juara II, dan juara III. Nantinya juara I Jegeg Bagus Karangasem 2020 sebagai wakil Karangasem di lomba Jegeg Bagus Bali 2021. Terkait banyaknya penonton yang dating saat babak final yang digelar di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, hal itu tidak perlu dikhawatirkan. “Peserta pentas di atas panggung. Penonton melihat dari taman yang luas. Mudah jaga jarak untuk jalankan protokol kesehatan,” tegas Putu Arnawa.

Terpisah, Kasek SMA Negeri 1 Amlapura, Wayan Sugiana, mengapresiasi prestasi tiga anak didiknya yang berhasil lolos ke babak final. Ketiga finalis dari SMAN 1 Amlapura masing-masing 2 peserta Jegeg Karangasem Ni Wayan Miranda Aprita dan Ni Luh Kartina Yanti. Sedangkan satu peserta Bagus Karangasem atas nama I Komang Andi Suryawan. “Semoga di antara mereka bisa memenangkan satu gelar juara,” harap Wayan Sugiana.

Dewan juri yang bertugas sebanyak 6 orang sesuai dengan profesionalismenya. Masing-masing Ida Ayu Ratih Ratna Dewi, Ida Nyoman Basmantara, I Gede Candra Kardana, I Gede Agus Jaya Sadguna, Luh Putu Lylik Rahmawati, dan I Komang Agus Wira Pranata. Anggota dewan juri Ida Ayu Ratih Ratna Dewi mengingatkan, salah satu penilaian menyangkut penampilan di panggung, di samping kemampuan menjawab soal. “Sebelum menjawab pertanyaan, mesti tampil dulu di panggung dengan dandanan agar tampil Jegeg dan Bagus mirip peragawati dan peragawan. Mental di atas panggung juga dinilai," jelas Ida Ayu Ratih Ratna Dewi, pakar kecantikan dari Geria Karang, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem. *k16

Komentar