nusabali

Dua Ibu Hamil Positif Covid-19 Melahirkan Secara Caesar

Bayi ditempatkan di ruang isolasi bayi, sedangkan ibunya di ruang isolasi Covid-19.

  • www.nusabali.com-dua-ibu-hamil-positif-covid-19-melahirkan-secara-caesar

BANGLI, NusaBali
Dua ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19 melahirkan secara caesar di RSU Bangli. Kedua ibu hamil dan bayinya dalam kondisi stabil, mendapat penanganan di ruang berbeda.

RSU Bangli memutuskan menolong persalinan dengan operasi caesar karena posisi bayi sungsang dan tertutup ari-ari. Wakil Direktur RSU Bangli, dr Ari Susanti, saat dikonfirmasi membenarkan membantu persalinan dua ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19 dengan operasi caesar. Kedua ibu hamil itu berusia 35 tahun asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, dan usia 41 tahun asal Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli. Kedua ibu hamil itu terkonfirmasi positif Covid-19 pada 24 September 2020. “Mereka termasuk orang tanpa gejala,” ungkap dr Ari Susanti, Rabu (30/9).

Kedua ibu hamil itu masuk RSU Bangli, Senin (28/9). Ibu hamil dari Desa Siladan menjalani operasi ceaser pada hari itu juga. Sementara ibu hamil dari Desa Sulahan dioperasi pada Selasa (29/9). Tindakan operasi caesar diambil karena kondisi bayi dalam posisi sungsang serta tertutup ari-ari. “Ibu hamil yang terpapar virus corona bisa melahirkan secara normal. Namun posisi bayi ada yang sungsang dan ari-ari di bawah sehingga operasi caesar,” jelasnya.

Pelaksanaan operasi dipersiapkan secara matang. Ruang operasi disterilisasi sebelum dimanfaatkan. Menurut dr Ari Susanti, operasi berjalan lancar. Ibu dan bayi dalam kondisi baik, ditempatkan di ruang berbeda. Bayi ditempatkan di ruang isolasi bayi, sedangkan ibunya di ruang isolasi Covid-19 RSU Bangli. Bayi-bayi itu telah menjalani uji swab, Rabu pagi. dr Ari Susanti mengatakan sudah menangani 3 ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19. Ada juga 5 ibu hamil yang hasil rapid test reaktif. *esa

loading...

Komentar