nusabali

PON dan SEA Games Berdekatan, Ganding Antisipasi Cedera

  • www.nusabali.com-pon-dan-sea-games-berdekatan-ganding-antisipasi-cedera

DENPASAR, NusaBali
Ditundanya PON XX menjadi 20 Oktober – 2 November 2021 membuat pejudo Gede Ganding Kalbu Soethama waswas.

Pasalnya, even PON yang digelar di Papua sangat mepet dengan SEA Games XXXI di Vietnam yang digelar 21 November – 2 Desember 2021. “Karena ada risiko cedera,” kata pejudo Pelatnas asal Denpasar, Selasa (22/9).

Jarak dua even itu hanya 19 hari saja. Padahal Ganding yang berstatus peraih medali emas dua even nasional dan internasional tersebut menjadi tumpuan Bali dan Indonesia di dua event tersebut dalam mengamankan medali emas kelas -100 kg.

"Selaku atlet berharap bisa turun di dua event tersebut, meskipun waktu bertandingnya cukup mepet. Semoga saja tidak cedera. Jika tidak cedera, saya yakin bisa main di PON Papua dan SEA Games Vietnam," ucap Gede Ganding Kalbu Soethama, Selasa (22/9).

Judoka kelahiran 7 September 1996 itu menegaskan kesiapannya mengikuti event nasional dan internasional tersebut. Apalagi tanah kelahirannya Bali memang mengharapkan tampil dan berprestasi, di satu sisi tenaganya juga dibutuhkan untuk negara. Meskipun sampai saat ini belum ada pemanggilan untuk pelatnas. “Pemanggilan Pelatnas biasanya mendadak, hanya beberapa bulan jelang turun di SEA Games,” kata Ganding yang kini rutin latihan bersama Tim PON Bali.

Judoka yang tinggal di Pemogan Denpasar Selatan itu mengaku tidak pernah ambil pusing soal jadwal berdekatan. Apalagi selalu menjalani proses latihan dengan maksimal. Spesialis kelas -100 kg itu sering berlatih sendirian di KONI Bali. Bahkan diselingi dengan jadwal fitnes juga secara mandiri. "Saya tak mau memusingkan soal pendeknya jarak pertandingan yang saya lakoni di PON Papua maupun di SEA Games Vietnam nanti. Itu sudah biasa saya lakukan dan tak menjadi beban buat saya sendiri. Saya selalu siap turun di even apapun,” tegasnya.

Judoka anak dari pasangan Komang Suryantara dengan Ni Luh Sukerami mengakui problem utama selaku atlet itu, jangan sampai cedera. Jika sampai cedera, memang butuh waktu untuk mengembalikannya ke posisi awal. Jika kondisi aman, usai PON cukup durasi satu minggu saja istirahat. Selanjutnya bergerak kembali ke top performance agar bisa tampil di SEA Games Vietnam. "Biasanya saya selalu tampil maksimal saat pertandingan, dan tetap waspada jangan sampai cedera. Saya rasa jika semuanya dilakukan dengan teknik yang benar maka cedera bakal tidak kita alami. Saya berharap semua itu di PON Papua maupun SEA Games Vietnam,” harap Ganding Kalbu. *dek

loading...

Komentar