nusabali

Iwan Fals Lepas Tukik dan Berbaur Pungut Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-iwan-fals-lepas-tukik-dan-berbaur-pungut-sampah-plastik

Penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals mengejutkan krama Buleleng atas kunjungannya yang tak disangka di Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Sabtu (8/10) pukul 07.00 Wita.

Kejutkan Krama di Pantai Penimbangan, Buleleng


SINGARAJA, NusaBali
Kedatangan Iwan Fals untuk membawa misi ‘Jaga Bumi’. Iwan didampingi istri dan anaknya dikawal personel TNI dan anggota OI (Orang Indonesia) se-Bali. OI merupakan komunitas fans dan penggemar berat Iwan Fals. Di Pantai Penimbangan Iwan dan para penggemarnya itu melakukan sejumlah kegiatan pelestarian alam. Kegiatan diawali dengan pelepasan 25 ekor tukik.

Selanjutnya Iwan menuju pinggir pantai untuk melakukan penanaman pohon dan bersih-bersih pantai dari sampah plastik. Artis kawakan yang dikenal sederhana ini terlihat berbaur dengan masyarakat, TNI, Pramuka dan anggota OI dan kelompok nelayan Sari Segara Pantai Penimbangan.

Ditemui di sela-sela aksi sosial tersebut, Iwan Fals mengatakan kagum atas berkah yang didapatkan masyarakat Buleleng, sebab pantainya dipilih sebagai tempat bertelurnya para penyu, khususnya di Pantai Penimbangan. Apalagi hal tersebut disambut gembira, semangat dan penuh keikhlasan untuk melakukan upaya pelestarian. Dengan dipilihnya Buleleng sebagai tempat bertelur penyu ia menyakini bahwa laut Buleleng adalah laut yang sehat sehingga sayang kalau tidak dijaga.

“Sampah plastik harus diambil, karena sulit terurai. Kalau sampah plastik sampai dimakan ikan dan penyu yang bertelur bisa berabe, mereka bisa keselek,” ujarnya dengan sangat bersahaja. Iwan yang ditemani sang istri yang juga Ketua Umum (Ketum) BPP Oi, Rosana Listanto dan Sekretaris Jendral (Sekjen) Oi, Ainur Rofik, juga menyatakan sikap simpatiknya kepada sejumlah kegiatan pelestarian lingkungan yang sudah dilakukan anggota Oi Buleleng.

Selain itu, Iwan juga sangat terkesan dengan konsep Tri Hita Karana yang menurutnya sangat tepat dijadikan konsep pelestarian alam. Selain menggelar aksi pelestarian lingkungan dalam kunjungan silaturahmi dengan anggota Oi, Iwan juga akan menggelar konser di Sekolah Calon Tamtama (SECATA-A) Singaraja, Minggu (9/10) sore ini. Dalam konsernya nanti, ia akan menyanyikan sejumlah lagu dengan tema menjaga harmoni kelestarian alam.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) Buleleng, Letkol Inf Budi Prasetyo yang juga hadir dalam aksi peduli lingkungan tersebut mengaku sangat bangga didatangi artis yang sangat konsisten terhadap pelestarian dan kepeduliannya terhadap lingkungan. Dalam kesempatan tersebut pihaknya pun mendukung penuh kedatangan dan kegiatan yang dilakukan anggota Oi dalam penyambutan Iwan Fals, dengan mengizinkan berkegiatan di Barak SECATA.

“Ini juga merupakan kesempatan untuk mengubah mindset masyarakat bahwa TNI itu seram. Karena kami juga berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat, agar bisa lebih dekat lagi,” kata dia. Letkol Budi pun merasa berbahagia, sebab HUT TNI ke 71 dirangkaikan dengan kegiatan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan bersama dengan anggota Oi. * k23

Komentar