nusabali

Julie Laiskodat Akan Serahkan Tongkat Komando NasDem Bali Setelah Menangkan Pilkada 2020

  • www.nusabali.com-julie-laiskodat-akan-serahkan-tongkat-komando-nasdem-bali-setelah-menangkan-pilkada-2020

DENPASAR, NusaBali
Ketua DPW NasDem Bali, Julie Sutrisno Laiskodat, berjanji akan serahkan tongkat komando kepemimpinan partai di Bali kepada figur lain.

Namun, penyerahan pucuk pimpinan partai baru akan diserahkan istri Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, ini setelah nanti NasDem memenangkan Pilkada 2020 serentak  6 kabupaten/kota di Bali. Hal ini siampaikan Julie Laiskodat di sela-sela roadshow dan media gathering di Kantor DPW NasDem Bali, Jalan Tukad Batanghari Niti Mandala Denpasar, Selasa (25/8) siang. Dalam roadshow kemarin, Julie Laiskodat didampingi Wakil Ketua Bidang UMKM DPP NasDem Ni Luh Djelantik, Wakil Ketua Bidang Pariwisata DPP NasDem IB Oka Gunastawa, Sekretaris DPW NasDem Bali I Nyoman Winata, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Politik DPW NasDem Bali AA Ngurah Gede Widiada, dan mantan Sekretaris DPW NasDem Bali Ni Putu Nopi Seri Jayanti.

Julie Laiskodat menegaskan, tampuk kepemimpinan DPW NasDem Bali tidak boleh lama dia pegang, karena akan berdampak psikis terhadap kader di bawah. Masalahnya, Julie Laiskodat yang ditunjuk menjadi Ketua DPW NasDem Bali, 14 Juli 2020 lalu, bukanlah putra daerah.

"Saya tidak mau pegang Ketua DPW NasDem Bali lama-lama. Nanti tidak menghargai saudara kita di Bali. Banyak saudara kita yang mumpuni dan mampu memimpin NasDem Bali. Nanti setelah Pilkada serentak 9 Desember 2020, saya akan serahkan tongkat komando ini," ujar Julie Laiskodfat yang juga anggota Fraksi NasDem DPR RI Dapil NTT.

Menurut Julie Laiskodat, banyak kader di Bali berpotensi memimpin NasDem Bali ke depan. Semuanya akan berproses. Yang terpenting dilakukan sekarang adalah penguatan mesin partai dan soliditas. Julie Laiskodat menyebutkan, sebelum menyerahkan jabatan Ketua DPW NasDem Bali, dirinya lebih dulu akan panaskan mesin partai di 9 kabupaten/kota se-Bali. Terlebih, di daerah akan menghadapi Pilkada 2020 serentak, yakni Badung, Denpasar, Tabanan, Jembrana, Karangasem, dan Bangli.

"Saya minta kader NasDem menangkan Pilkada 2020 serentak ini. Dalam kamus perjuangan saya, tidak ada istilah kalah. Dalam kamus saya, selalu menang," tegas Julie Laiskodat membakar semangat kader NasDem.

Srikandi politik yang kemarin roadshow ke kabupaten/kota di Bali ini menyebutkan, kader NasDem tidak boleh lemah ketika mensosialisasikan paket calon yang diusung di Pilkada 2020. "Sosialiasikan kandidat calon kita dengan gencar, kerja keras. Jangan hanya gembar-gembor, tapi lakukan dengan serius dan aksi nyata," tegas politisi-pengusaha ini.

Ketika ditanya soal peluang NasDem menangkan Pilkada 2020 di tengah kekuasaan PDIP di Bali, menurut Julie Laiskodat, semua ibarat makanan. Walaupun di Bali makanan ayam betutu sudah banyak yang mengenal, namun sekali-sekali masyarakat harus disodori menu pilihan juga. "Sekali-sekali coba menu lain-lah, masa ayam betutu terus. Dalam politik juga begitu. Di Bali memang kita berhadapan dengan gajah besar. Tapi, harus optimis," katanya.

Anggota Komisi IV DPR RI ini mengingatkan, kalau target memenangkan Pilkada 2020 terwujud, maka NasDem Bali akan mencatat sejarah. “Bukan hanya masalah sukses membawa kesejahteraan buat masyarakat, namun untuk kebesaran dan soliditas Partai NasDem ke depan," tegas Julie Laiskodat.

Julie Sutrisno Laiskodat sendiri ditunjuk DPP NasDem menjadi Ketua DPW NasDem Bali 2020-2025 pada 14 Juli 2020 lalu. Dia menggantikan IB Oka Gunastawa, yang terlibat perseteruan dengan Sekretaris DPW NasDem Bali (waktu itu) Putu Nopi Seri Jayanti.

Sehari pasca ditunjuk jadi Ketua DPW NasDem Bali, Julie Laiskodat langsung tancap gas lakukan konsolidasi, 15 Juli 2020, dengan mengum-pulkan pimpinan DPD NasDem Kabupaten/Kota se-Bali. Julie Laiskodat berjanji akan akomodir semua gerbong NasDem yang tercecer.

Jajaran pimpinan yang meliputi para Ketua DPD NasDem, Sekretaris DPD NasDem, dan Bendahara DPD NasDem Kabupaten/Kota se-Bali dikumpulkan Julie Laiskodat di Hotel Kartika Plaza, Kuta, Badung, Rabu (15/7) siang pukul 12.00 Wita. Julie Laiskodat mengawali pertemuan siang itu dengan pemanggilan para Ketua DPD NasDem, Sekretaris DPD NasDem, dan Bendahara DPD NasDem Kabu-paten/Kota se-Bali secara bergantian. Mereka dipanggil untuk memastikan pasukannya masih utuh apa tidak, pasca kepengurusan DPW NasDem Bali 2015-2020 terbelah dua menjadi kubu IB Oka Gu-nastawa (Ketua DPW NasDem) dan Putu Nopi Seri Jayanti (Sekretaris DPW NasDem).

Julie Laiskodat menegaskan, dirinya hadir di Bali pasca terjadi miskomunikasi antara kubu Oka Gunastawa vs Nopi Seri Jayanti, bukanlah untuk agenda menyelamatkan partai. Sebab, kata dia, kmondisi NasDem di Bali memang tidak ada masalah.

"Tidak ada istilah penyelamatan, karena kondisi NasDem di Bali tidak ada masalah, mungkin hanya miskomunikasi. Nanti saya bersama Sekretaris DPW NasDem dan Bendahara DPW NasDem yang ditunjuk Ketua Umum DPP NasDem Pak Surya Paloh akan memperkuat Bali. Ibarat gelas yang airnya kurang, akan saya isi terus. Kalau ada mantan kader gabung, atau non kader atau warna lain bergabung, akan saya ambil untuk perkuat NasDem," katanya saat itu. *nat

Komentar