nusabali

Suastika Salip Anak Eks Bupati

Raih Suara Tertinggi di Kabupaten Karangasem

  • www.nusabali.com-suastika-salip-anak-eks-bupati

Salah satu program kerjanya yang paling efektif menyentuh kepentingan sosial masyarakat, berkat antar jemput jenazah secara gratis dari RSUD menuju setra (kuburan)

AMLAPURA, NusaBali
Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika dari PDI Perjuangan (PDIP) meraih suara tertinggi dengan perolehan 7.314 suara di Pemilu 2024. Suastika mengungguli pesaing kuatnya I Gusti Ngurah Gede Subagiartha dari Partai NasDem yang notabene merupakan putra mantan Bupati Karangasem periode 2015-2020 IGA Mas Sumatri. 

Subagiartha pada Pemilu 2019 silam membukukan 6.678 suara. Namun kali ini Subagiartha alias Gus Ode hanya membayangi Suastika dengan 7.048 suara. Sehingga keunggulan Suastika dari Gus Ode boleh dibilang sangat tipis.

Suastika kepada NusaBali, Senin (26/2) mengatakan, raihan suara signifikan berkat kerja keras dan dukungan konstituen yang militan. “Ini berkat kerja keras, berupaya menjaga konstituen dan melebarkan dukungan,” jelas Ketua PAC PDIP Kecamatan Selat ini, di Amlapura, Karangasem.

Politisi PDIP asal Banjar Juuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat ini memaparkan pendukungnya terpelihara, bahkan terus bertambah. Dirinya semakin banyak meraih dukungan dengan aksi sosial. Meskipun semakin banyak pula yang diperjuangkan melalui lembaga legislatif.

“Secara pribadi perolehan dukungan ini cukup membanggakan, dukungan meningkat di setiap pemilu, di sisi lain menanggung beban agar mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat lebih optimal," tambah suami dari Ni Kadek Darmini, Anggota Fraksi PDIP DPRD Bali, Dapil Karangasem ini.

Suastika mengatakan, raihan suara signifikan di Pemilu 2024 hanya memainkan strategi program sosial kemasyarakatan. Salah satu program kerjanya yang paling efektif menyentuh kepentingan sosial masyarakat, berkat antar jemput jenazah secara gratis dari RSUD menuju setra (kuburan). Sebab, dia memiliki mobil ambulans secara khusus melayani masyarakat.

Raihan suara signifikan Suastika dari pemilu ke pemilu memperpanjang statusnya sebagai politisi digdaya. Sekadar dicatat pada Pemilu 2014, Suastika meraih 3.879, menyusul di Pemilu 2019 merebut sebanyak 5.591 suara. Kemudian di Pemilu 2024 hasilnya meningkat menjadi 7.314 suara.

Tarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Karangasem IV (Kecamatan Selat, Rendang dan Kecamatan Sidemen), Suastika berjaya di Kecamatan Selat dengan mendulang 4.664 suara, Kecamatan Rendang 1.176 suara, Kecamatan Sidemen 1.474 suara. Sementara saingan terdekat Suastika, yakni Gus Ode yang bertarung  di Dapil Karangasem I (Kecamatan Karangasem) memperoleh 7.048 suara. 

Kemudian menyusul Ni Komang Molu Indah Juliani dari Partai Gerindra (Dapil Karangasem IV) dengan 6.702 suara, I Kadek Angga Hari Sanjaya dari Partai NasDem (Dapil Karangasem IV) dengan perolehan 5.680 suara, I Ketut Sulandra dari Partai Demokrat (Dapil Karangasem I) dengan 5.663 suara, Ni Putu Sriani dari PDIP (Dapil Karangasem IV) dengan 5.361 suara, dan I Wayan Sumatra dari PDIP (Dapil Karangasem IV) dengan 5.147 suara.k16

Komentar